Tips Surfing untuk Pemula dari Gemalla Carrissa

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Gemalla Carrissa, Surfer, Content Creator Wet Traveler, ditemui di konferensi pers

Gemalla Carrissa, Surfer, Content Creator Wet Traveler, ditemui di konferensi pers "DXI 2023 (DEEP and EXTREME Indonesia 2023) Hadirkan DXI 2023: ASIA'S BIGGEST DIVING, MARINE, AND ADVENTURE SHOW" di Cilandak, Jakarta Selatan, Selasa, 23 Mei 2023. Foto: CANTIKA/Widya Fitrianingsih

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Tertarik menjajal olahraga selancar atau surfing? Coba tilik tips berselancar atau surfing untuk pemula dari Gemalla Carrissa. Perempuan yang akrab disapa Al itu di mulai menggeluti olahraga selancar atau surfing ketika libur kuliah. Mengingat dia berkuliah di Bandung, lokasi surfing yang terdekat di Pantai Pangandaran. Kemudian, dia diarahkan oleh surfer di sana untuk belajar surfing di Pantai Batukaras, Jawa Barat.

Di sana, Gemalla belajar dengan anak-anak pantai. Dia menggunakan papan selancar seadanya, tanpa fasilitas surfing yang memadai kala itu.

"Lumayan teratur belajarnya di sana, dua minggu sekali. Akhirnya empat bulan bisa. Setelah latihan teratur, mulai surfing, surfing, sampai masuk ke surfer profesional (tahun) 2004 hingga sekarang," tuturnya saat ditemui di Jakarta Selatan, Selasa, 23 Mei 2023.

Yuk, kita simak tips surfing untuk pemula dan tempat surfing favorit Gemalla.

Tips Surfing untuk Pemula

Berkaca dari pengalamannya, Gemala menyebutkan pentingnya pemilihan lokasi yang tepat untuk surfer pemula. Sebab ombak di setiap lokasi punya karakter masing-masing.

Baca Juga:

"Ombak itu memiliki karakter yang berbeda, jadi harus tahu yang pas untuk diri kita bagaimana,” jelasnya

Dia melanjutkan, bagi pemula yang tak mengetahui apa pun perihal surfing, ada baiknya untuk mengambil kelas, menggandeng instruktur, ataupun meminta bantuan teman surfer profesional yang dapat membimbing hingga bisa menguasai olahraga air ini. Sebab jika memaksakan diri dan belum mampu menguasai arah ombak, bagaimana ombak di laut bekerja, dapat memungkinkan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Tips kedua, memakai jenis papan selancar yang tepat untuk belajar. Bagaimana memilih jenis papan yang tepat? Pilihlah papan dengan ketebalan yang pas, jangan terlalu kecil.

“Karena semakin kecil board-nya semakin susah dan berat untuk handle-nya, jadi harus yang pas gitu,” jelasnya.

Tips selanjutnya, harus jujur dengan diri sendiri, jangan sampai 'termakan' gengsi melihat teman yang menguasai olahraga ini, kemudian merasa tertinggal, dan malah membahayakan diri sendiri.

"Yang paling penting dalam surfing itu, adalah yang paling merasa senang dan gembira, bukan merasa paling jago," ucapnya.

Dia juga mengatakan pentingnya peralatan atau equipment yang cocok untuk belajar surfing. "Yang pertama tentunya, baju surfing, bagian atasnya harus mengenakan rashguard. Karena papan untuk belajar itukan bentuknya karet, kalo bersentuhan langsung dengan kulit dapat terjadi gesekan dan menimbulkan luka, jadi baiknya mengenakan baju berlengan panjang.

“Kalau baru belajar, biasanya semuanya disiapkan oleh tempat surfing-nya, mulai dari papan bahkan sunblock,” jelas Gemalla. Untuk pemula juga nantinya akan diajarkan bagaimana cara menjatuhkan diri ke laut dengan benar agar tidak terjadi cedera.

Selama berlatih surfing, Gemalla juga tak luput dari cedera. Dia pernah mengalami cedera paling parah, yaitu pada bagian dahinya sobek terkena sirip papan hingga harus dilarikan ke puskesmas terdekat untuk dijahit.

Sebagai perempuan, menurut Gemalla, surfing bukanlah olahraga yang berisiko, bahkan dia mengatakan di Bali sudah banyak anak-anak yang turut mengikuti olahraga surfing, dan didukung oleh orang tuanya.

"Olahraga ini sangat aman, jika kita mengikuti sesuai arahan, seperti belajar paddle dengan benar, duck dive dengan benar, belajar baca ombak dengan benar, maka akan aman," ungkapnya.

Tempat Surfing Favorit Gemalla

Gemalla menyukai tempat berselancar yang bagian bawahnya antara batu atau karang yang masih terselimuti lumut dan tidak tajam, serta yang arusnya tidak terlalu kencang.

"Kalaupun ber-arus, pastikan arusnya mengarah ke laut, bukan ke kita," ujarnya.

Gemalla pun berbagi tempat surfing favorit-nya di Kepulauan Rote, Nusa Tenggara Timur, juga di Cimaja, karena dekat dengan Jakarta, dan di Aceh.

"Di sana ombaknya bagus, tempatnya bersih," tuturnya.

Untuk daerah di luar negeri yang paling berkesan bagi Gemalla Carrissa ada di Cherating, Malaysia. Dia berkata ombaknya mirip dengan Batukaras, tidak heavy (berat), dan dapat dinikmati dengan tenang. Bagaimana tertarik melakukan olahraga surfing?

Pilihan Editor: Cerita Greysia Polii Melawan Takut saat Menyelam

WIDYA FITRIANINGSIH

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."