5 Penyebab Kepala Pusing saat Bangun Tidur dan Cara Mengatasinya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita alami kepala pusing saat bangun tidur. Foto: Freepik.com/Jcomp

Ilustrasi wanita alami kepala pusing saat bangun tidur. Foto: Freepik.com/Jcomp

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Bangun tidur pagi hari bisa jadi sulit. Apakah Anda menunda tiga alarm pertama, atau Anda hanya tidak ingin meninggalkan kenyamanan tempat tidur, dan hal terakhir yang tak diinginkan adalah kepala pusing saat bangun tidur. Jadi mengapa Anda terkadang merasa kepala pusing saat bangun tidur?

Perasaan pusing atau tidak seimbang di pagi hari dapat terjadi karena berbagai alasan. Tapi perasaan disorientasi di pagi hari itu tidak harus bertahan lama. Jika Anda merasa sedikit goyah saat pertama kali bangun dari tempat tidur, kemungkinan Anda mengalami serangan pusing. Andrea Paul, penasihat medis untuk Illuminate Labs, menggambarkan sensasi ini sebagai gangguan orientasi sementara. Untungnya, biasanya tidak butuh waktu lama bagi seseorang untuk mendapatkan kembali keseimbangannya.

Tetapi jika Anda mengalami serangan pusing yang berkepanjangan atau sering terjadi saat bangun tidur, penting untuk mencari tahu apa penyebabnya. Berikut ini penyebab kepala pusing saat bangun tidur dan cara mengatasinya.

Penyebab Kepala Pusing saat Bangun Tidur

1. Dehidrasi

Penyebab kepala pusing saat bangun tidur yang paling umum, terutama di pagi hari, adalah dehidrasi, jelas dokter Daniel Boyer dari Farr Institute.

"Kurangnya cairan yang cukup dalam tubuh Anda dapat menekan fungsi otak Anda dan menyebabkan pusing segera setelah bangun dari tempat tidur di pagi hari," ujar Boyer dikutip dari laman PopSugar, Selasa, 23 Mei 2023.

Dehidrasi dapat terjadi akibat konsumsi minuman alkohol larut malam, serta kondisi mendasar seperti gula darah tinggi. "Dehidrasi juga bisa terjadi jika Anda beraktivitas dalam kondisi panas, berkeringat, atau tidak minum banyak air sepanjang hari," kata ahli gizi Shauna Hatcher.

Jika Anda tidak mabuk pada malam sebelumnya dan Anda merasa yakin telah minum cukup air di siang hari, mungkin ada hal lain yang menyebabkan Anda merasa pusing di pagi hari.

2. Sleep Apnea

Sleep apnea adalah gangguan tidur yang menyebabkan pernapasan tidak teratur pada malam hari, yang dapat menyebabkan kepala pusing saat bangun tidur di pagi hari, jelas Dr. Boyer.

Gejala umum sleep apnea lainnya termasuk mendengkur keras, kantuk di siang hari, dan sakit kepala di pagi hari. Jika Anda merasa menderita sleep apnea, bicarakan dengan penyedia layanan kesehatan atau spesialis tidur yang dapat membantu menilai gejala Anda dan merekomendasikan rencana perawatan terbaik.

Baca juga: 4 Kebiasaan Minum yang Bikin Tidur Lebih Nyenyak

3. Gula Darah Rendah

Kepala pusing saat bangun tidur di pagi hari juga bisa disebabkan oleh kadar gula darah yang rendah, juga dikenal sebagai hipoglikemia, kata Dr. Boyer. Kadar gula darah paling sering terlihat pada penderita diabetes, tetapi siapa pun dapat mengalami hipoglikemia, terutama jika mereka sudah lama tidak makan. Namun, jika Anda khawatir, ada baiknya berdiskusi dengan dokter Anda.

4. Tekanan Darah Rendah

Tekanan darah rendah, atau perubahan tekanan darah yang cepat, adalah penyebab umum kepala pusing saat bangun tidur.

"Berdiri dengan cepat sering kali menyebabkan penurunan tekanan darah sementara yang meningkatkan risiko pingsan," kata Dr. Paul. Dia merekomendasikan untuk turun dari tempat tidur secara perlahan - secara bertahap beralih dari berbaring, duduk, lalu berdiri - untuk mencegah penurunan tekanan darah secara tiba-tiba.

Namun, jika ini sering terjadi, itu bisa menjadi tanda masalah yang lebih signifikan dengan tekanan darah Anda, sebaiknya konsultasi ke dokter.

5. Konsumsi Obat Baru

Boyer menambahkan bahwa obat-obatan tertentu, seperti antidepresan, obat antiradang, anestesi, dan kontrasepsi, dapat menyebabkan pusing sebagai efek sampingnya. Setiap kali Anda memulai pengobatan baru, pastikan untuk berbicara dengan dokter atau apoteker Anda tentang apa yang diharapkan - dan tanyakan kepada dokter Anda jika efek sampingnya terlalu banyak.

Cara Mengatasi Kepala Pusing saat Bangun Tidur

Kepala pusing saat bangun tidur bukanlah cara untuk memulai hari. Untungnya, ada beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk mendapatkan kelegaan. Ketiga ahli merekomendasikan untuk tetap terhidrasi, itu berarti minum air bahkan ketika Anda tidak haus, kata Dr. Boyer.

Cara selanjutnya adalah membatasi konsumsi minuman alkohol dan kafein. Kafein dapat membatasi aliran darah dan menyebabkan Anda merasa lebih pusing, Dr. Hatcher menjelaskan, meskipun toleransi Anda terhadap kopi mungkin berbeda.

"Satu orang mungkin merasakan dampak dari satu cangkir, sementara yang lain mungkin minum setara dengan enam atau delapan cangkir tanpa mengalami efek yang signifikan," kata Dr. Hatcher.

Dr. Paul juga merekomendasikan menemukan cara untuk mengurangi stres, karena kecemasan terkadang dapat bermanifestasi dalam gejala fisik seperti pusing. "Otak menghasilkan bahan kimia yang memengaruhi sistem kardiovaskular selama stres. Hormon-hormon ini menyebabkan pusing dengan menyempitkan pembuluh darah," kata Dr. Paul. Jika Anda telah mengambil langkah-langkah di atas dan Anda masih merasa kepala pusing saat bangun tidur, penting untuk berkonsultasi dengan dokter Anda untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Pilihan Editor: Posisi Tidur saat Sakit Kepala yang Disarankan Dokter, Hindari Meringkuk

POPSUGAR

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."