Wajah Bengkak saat Bangun Tidur Setiap Hari, Ini 3 Penyebabnya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita bangun tidur. Freepik.com/Tirachardz

Ilustrasi wanita bangun tidur. Freepik.com/Tirachardz

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Wajah bengkak sering menunjukkan masalah gaya hidup. Seperti makan makanan asin atau gorengan sepanjang hari serta makan larut malam bisa muncul dalam bentuk pembengkakan. Maka dari itu, wajah bengkak saat bangun tidur bisa menandakan beberapa masalah kronis yang perlu diperhatikan. Terlalu banyak stres, masalah usus, atau masalah hati bisa menjadi penyebab wajah bengkak saat bangun tidur.

Alergi musiman, alkohol, menangis, atau kurang tidur juga menjadi pemicu lain wajah bengkak saat bangun tidur. Jika Anda tidak menghidrasi diri dengan baik atau hormon Anda kacau, hal itu dapat menyebabkan pembengkakan pada wajah.

"Bangun dengan wajah bengkak hampir setiap hari tidak normal! Sangat umum, Anda tahu, merasa kembung setelah makan besar, makan terlalu banyak serat sekaligus atau sesuatu yang memicu usus Anda. Tetapi ketika Anda bangun dan makan terakhir Anda hampir 12 jam yang lalu dan Anda masih bangun sembab, itu tidak normal dan bisa jadi karena alasan tertentu," ahli gizi Rashi Chowdhary, seperti dikutip dari Hindustan Times, pada Rabu, 29 Maret 2023.

Berikut tiga penyebab wajah bengkak saat bangun tidur.

1. Stres

Ketika Anda menahan perasaan cemas dan terus-menerus stres, hal itu dapat memengaruhi usus Anda yang menyebabkan wajah bengkak saat bangun tidur. Itu terjadi ketika kelenjar adrenal Anda membuat terlalu banyak 'hormon stres' kortisol terlalu lama yang menyebabkan wajah bulan.

2. Masalah Usus

Ketika Anda memiliki makanan yang menyebabkan radang di usus, hal itu bisa menyebabkan retensi cairan yang muncul di wajah.Selain sembelit, tidak terhidrasi dengan baik juga menjadi wajah bengkak di pagi hari.

3. Hati Tersumbat

Sistem limfatik seperti sistem drainase di tubuh Anda. Ini membantu menghilangkan limbah dan racun dari jaringan serta organ Anda. Hati Anda memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan sistem limfatik Anda. Ini membantu menyaring racun dan limbah dari darah Anda, yang kemudian dibawa oleh sistem limfatik.

Tetapi jika hati Anda tersumbat, itu dapat menyebabkan penumpukan racun dalam tubuh Anda, yang dapat menyebabkan peradangan dan retensi cairan. Salah satu tanda umum dari hal ini adalah bangun dengan wajah bengkak di pagi hari. "Tubuh Anda terus-menerus berkomunikasi dengan Anda dan memberi isyarat, dan Andalah yang harus menangkapnya dan mulai memperbaikinya," tegas Chowdhary.

Pilihan Editor: Tips Supaya Tidur Malam Lelap dan Badan Segar Saat Bangun Besok Pagi

HINDUSTAN TIMES

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."