7 Tanda Kamu Kurang Makan, dari Sembelit hingga Kedinginan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita memegang perut. Freepik.com/Wayhomestudio

Ilustrasi wanita memegang perut. Freepik.com/Wayhomestudio

IKLAN

4. Alami Perubahan Suasana Hati

Pola kurang makan yang kronis dapat memicu perubahan suasana hati atau mood seperti kecemasan, depresi, dan moody. "Kita semua membutuhkan berbagai jenis makanan, dan cukup banyak makanan, untuk menyediakan semua nutrisi yang dibutuhkan otak dan tubuh agar berfungsi dengan baik. Jika kamu kurang makan, kamu berisiko lebih besar mengalami depresi dan kecemasan," jelas Kim Kulp, alhli diet sekaligus pemilik Gut Health Connection di San Francisco Bay Area, Amerika.

5. Kedinginan Sepanjang Waktu

Merasa kedinginan sepanjang waktu termasuk tanda kamu kurang makan atau mengalami kesulitan untuk mendapatkan makanan yang cukup. Tanpa asupan yang tepat, termoregulasi tubuh atau kemampuan untuk mengatur suhu internal sistem tubuh akan berubah, dan suhu inti tubuh akan sedikit menurun. Kamu mungkin merasa kedinginan karena tubuhmu bekerja sangat keras untuk membuatmu tetap hangat tanpa bahan bakar yang cukup.

6. Kebiasaan Ngemil di Malam Hari

Rasa lapar yang berlebihan di malam hari bisa menjadi pertanda bahwa kamu membutuhkan lebih banyak kalori di siang hari. Makan cukup sepanjang hari dapat membantu kamu merasa kenyang dan puas, sehingga tidak perlu makan dalam jumlah besar di malam hari.

"Salah satu tanda paling umum dari klien saya yang kurang makan adalah ngemil berlebihan di malam hari," kata Kelsey Kunik, ahli diet dan penasihat nutrisi untuk Zenmaster Wellness

"Mengatasi rasa lapar di siang hari dengan secangkir kopi, diet coke, permen karet, dan banyak lagi, sementara hanya makan makanan ringan di siang hari akan membuat tubuh kekurangan energi di malam hari."

7. Melewatkan siklus menstruasi

Melewatkan siklus menstruasi lebih dari satu kali, adalah tanda pasti bahwa ada sesuatu yang tidak beres. Siklus bulanan kita dapat menjadi sinyal bahwa kita sedang mendapat asupan energi yang cukup. Ketika tubuh kekurangan energi, tubuh merasa tidak aman untuk hamil, sehingga menghilangkan kemampuan untuk hamil dengan cara mengubah siklus dan memperpendek atau menghilangkan haid.

Kekurangan bahan bakar dan menstruasi yang terlewat dapat menjadi masalah yang sangat rumit pada atlet yang memiliki kebutuhan kalori yang tinggi. Dengan meningkatnya jumlah latihan, mengisi bahan bakar dengan benar menjadi semakin penting. Mendapatkan siklus menstruasi kembali secara konsisten adalah tanda yang bagus bahwa kamu sudah mulai makan dengan cukup.

Pilihan Editor: Perhatikan 3 J Demi Gizi Seimbang

WIDYA FITRIANIGSIH | WELL+GOOD


Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Halaman

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."