Ketahui Manfaat Niacinamide untuk Kulit, Tak Hanya Mencegah Jerawat dan Mencerahkan

Ilustrasi kulit wajah/Foto: Freepik

kecantikan

Ketahui Manfaat Niacinamide untuk Kulit, Tak Hanya Mencegah Jerawat dan Mencerahkan

Jumat, 25 November 2022 20:30 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, JakartaNiacinamide mungkin tidak terlalu populer seperti bahan-bahan seperti retinol dan vitamin C, tetapi superstar bahan perawatan kulit ini adalah pahlawan tanpa tanda jasa yang pantas mendapat pujian yang sama. Niacinamide adalah definisi multitasker, menawarkan serangkaian manfaat berbeda untuk berbagai jenis kulit dan masalah kulit.

Sederhananya, niacinamide adalah vitamin B, salah satu dari dua bentuk vitamin B3 yang memiliki banyak fungsi seluler penting pada kulit, jelas Gretchen Frieling, MD, dokter kulit bersertifikat triple board di wilayah Boston.1

Manfaat Niacinamide untuk Kulit

Bersiaplah, karena ini adalah daftar yang panjang. Niacinamide adalah pilihan tepat bagi mereka yang memiliki kulit berjerawat.

"Niacinamide mengurangi produksi sebum, yang dapat membantu mencegah jerawat dan juga mengurangi kilau," kata Kenneth Howe, MD, dokter kulit bersertifikat dari UnionDerm di New York, Amerika Serikat. Vitamin ini juga dikenal dengan efek anti-inflamasinya, yang bermanfaat baik untuk mengobati jerawat dan kondisi seperti eksim, tambah Dr. Frieling.

Niacinamide membantu memperkuat penghalang kulit, keuntungan besar lainnya bagi mereka yang memiliki kulit eksim dan sensitif, menurut kedua ahli tersebut. Niacinamide juga merupakan bahan pencerah pilihan, memerangi hiperpigmentasi dengan menghalangi transfer pigmen dari sel penghasil pigmen (melanosit) ke sel kulit di permukaan tempat perubahan warna terlihat, kata Dr. Howe.

Ada juga beberapa data yang menunjukkan bahwa niacinamide dapat membantu mengurangi kerutan dan anti-penuaan, dengan memastikan sel berfungsi dengan baik dan membantu memperbaiki kerusakan DNA.

Bolehkah Mencampur Niacinamide dengan Retinol?

Jawabannya, ya. Faktanya, ahli dermatologi mengatakan bahwa retinol dan niacinamide adalah kombinasi yang direkomendasikan untuk mencapai hasil yang lebih cepat. Selain menenangkan, niacinamide juga dapat melawan efek samping negatif dan iritasi yang sering muncul bersamaan dengan keajaiban melawan kerutan dari retinol.

Apakah Niacinamide Bisa Dicampur dengan Bahan Lain?

Sebagai pedoman umum, ya, itulah mengapa bahan ini ditemukan di banyak produk perawatan kulit dan mengapa cukup mudah untuk memasukkannya ke dalam rutinitas kecantikan yang sudah ada. Niacinamide sering dipasangkan dengan asam salisilat, asam beta-hidroksi yang menjadi andalan dalam produk jerawat, kata Dr. Frieling. 

Memiliki efek anti-inflamasi dan penguatan penghalang kulit, niacinamide juga baik dipasangkan dengan asam alfa-hidroksi, pengelupas kimiawi yang berpotensi menyebabkan iritasi kulit. Menggabungkan ini juga meningkatkan kemanjuran niacinamide, karena AHA mengelupas sel kulit mati yang sebaliknya dapat mempersulit niacinamide untuk menembus secara efektif, kata Dr. Frieling.

Niacinamide juga sering dipasangkan dengan asam hialuronat yang berkhasiat membantu mengurangi kekeringan, tambah Dr. Frieling.

Jika kamu menggunakan produk yang mengandung vitamin C dan niacinamide, kemungkinan besar produk tersebut telah diformulasikan secara khusus sehingga keduanya dapat bekerja sama. Namun jika kamu menggunakan dua produk berbeda dengan bahan-bahan ini, tunggu 15 menit antar aplikasi, atau simpan satu untuk penggunaan pagi hari dan yang lainnya untuk penggunaan malam hari.

Haruskah Saya Menggunakan Niacinamide?

Singkatnya, ya. Salah satu hal hebat tentang niacinamide bukan hanya banyaknya manfaat yang diberikannya, tetapi juga fakta bahwa niacinamide relatif dapat ditoleransi dengan baik, bahkan bagi mereka yang memiliki kulit sensitif, kata Dr. Howe. Ini menjadikannya alternatif yang bagus bagi mereka yang kulitnya mungkin tidak dapat mengatasi jerawat tradisional atau bahan pencerah, seperti benzoil peroksida atau retinoid.

REAL SIMPLE

Baca juga: Rekomendasi Serum untuk Kulit Bertekstur, Pilih yang Mengandung Niacinamide

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika