8 Cara Mendukung Teman yang Kena PHK

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi pertemanan wanita. Unsplash.com/Priscilla du Preez

Ilustrasi pertemanan wanita. Unsplash.com/Priscilla du Preez

IKLAN

5. Jangan Mengabaikan atau Meremehkan Perasaan Mereka

Apa yang tidak boleh dikatakan sama pentingnya dengan apa yang harus dikatakan kepada seseorang yang mengalami sesuatu yang menantang seperti PHK. Meskipun Anda mungkin memiliki niat terbaik untuk mencoba membuat mereka merasa lebih baik tentang keseluruhan situasi, ada beberapa hal yang sering dikatakan orang yang tidak membantu.

Misalnya, Dr. Dalgleish mencatat bahwa mengatakan sesuatu seperti "tidak seburuk itu" atau "setidaknya Anda menerima pembayaran" berarti mengabaikan dan meremehkan perasaan mereka. 

6. Buat Mereka Merasa Disertakan

"PHK bisa terasa seperti penolakan, jadi menemukan sedikit cara untuk menawarkan inklusi bisa membantu saat orang tersebut siap untuk terlibat secara sosial lagi," kata Dr. Polyné. Misalnya, jika mereka berbagi bahwa salah satu kebutuhan mereka adalah hiburan yang menyenangkan, merencanakan jalan-jalan bersama bisa menjadi dukungan.

Untuk membuat mereka merasa lebih disertakan saat Anda menghabiskan waktu bersama, Dr. Polyné menambahkan bahwa menyenangkan untuk berbagi dengan orang tersebut mengapa mereka spesial bagi Anda dan menjadi bagian penting dari komunitas Anda.

Ingat, tujuannya adalah untuk membuat mereka merasa dilibatkan dan mengingatkan mereka akan nilai yang mereka tawarkan secara keseluruhan, bukan hanya di tempat kerja.

7. Jangan Takut untuk Mengangkat Topik

Setelah menerima kabar awal tentang PHK, duka dan proses tidak berakhir di situ. Seringkali perlu waktu untuk bangkit lagi. Selama periode ini, Dr. Dalgleish mengatakan orang sering takut mengungkit topik PHK lagi karena mereka tidak ingin mengecewakan orang yang kehilangan pekerjaan, tetapi dia menyarankan untuk tidak melakukannya.

"Ketahuilah bahwa menanyakan sesuatu yang sulit kepada orang yang Anda cintai tidak berarti Anda akan membuat mereka berputar-putar — justru sebaliknya," katanya. "Itu memungkinkan mereka untuk merasa tidak terlalu kesepian dan sendirian di masa perjuangan ini."

Dengan mengingat hal itu, Dr. Dalgleish merekomendasikan untuk mengatakan sesuatu seperti: "Saya sedang memikirkan tentang apa yang terjadi dengan pemecatan Anda dan saya ingin menghubungi Anda. Tidak apa-apa jika Anda lebih suka tidak membicarakannya, tetapi saya ingin Anda tahu kamu telah ada di pikiranku."

8. Hadirlah

Jika Anda masih bingung harus berkata apa kepada teman yang kena PHK, ketahuilah bahwa berada di sana adalah salah satu hal paling mendukung yang dapat Anda lakukan. Beberapa orang cenderung memberi jarak pada orang yang sedang berjuang untuk memproses pengalaman menyakitkan itu atau menunggu karena takut mengganggu mereka, menurut Dr. Dalgleish. Sementara beberapa orang mungkin membutuhkan ruang itu, dia menekankan bahwa orang lain mungkin perlu tahu bahwa mereka dipikirkan dan diperhatikan selama masa sulit ini.

Pilihan Editor: 6 Cara Mendampingi Pasangan yang Kena PHK

WELL+GOOD

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Halaman

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."