6 Cara Mendampingi Pasangan yang Kena PHK

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi pasangan. Freepik.com/Pressfoto

Ilustrasi pasangan. Freepik.com/Pressfoto

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Gelombang Pemutusan Hubungan Pekerjaan atau PHK yang sedang berlangsung di depan kita mungkin dialami pasangan. Jika hal itu terjadi pasangan kamu, dampingilah dengan tenang dan tetap membangun kepercayaan dirinya. Ada sejumlah cara yang disarankan untuk mendampingi pasangan yang kena PHK.

Hal pertama yang tak boleh dilewatkan adalah beri ruang dan waktu kamu untuk mendengar ceritanya, dan dampingi dengan menguatkan keunggulan-keunggulan dari dalam dirinya yang kerap tak disadari.

Berikut enam cara mendampingi pasangan yang kena PHK.

1. Dengarkan Curhat Pasangan

Sangat penting bagi kamu untuk mendengarkan curahan hati atau curhat pasangan. Kamu harus fokus mendengarkan masalah mereka dan membiarkan mereka melampiaskan rasa frustrasi mereka, terutama ketika mereka baru saja kena PHK.

Kamu tidak harus menjadi pemecah masalah, cukup menjadi pendengar yang baik dan biarkan mereka meringankan beban yang mereka rasakan di hati mereka.

2. Beri Mereka Waktu untuk Mengatasinya

Saat seseorang kena PHK, perasaan itu sangat pribadi dan bisa memengaruhi harga dirinya. Perasaan lebih buruk jika orang itu adalah kepala keluarga atau seseorang yang sangat mandiri. Beri orang itu waktu untuk menghilangkan perasaan tersengat itu. Mereka mungkin menunjukkan gejala seperti kesedihan dan butuh waktu untuk diproses. Kesabaran kamu untuk mendampingi sangat penting.

3. Berempati

Ketika pasangan kehilangan pekerjaan, kamu harus melakukan upaya khusus untuk tidak mudah marah karena bisa memengaruhi rumah tangga. Alih-alih menyalahkan mereka atas apa pun, cobalah untuk bangkit pada kesempatan itu dan dengan berempati.

4. Ingatkan Mereka tentang Kekuatan Mereka

Kehilangan pekerjaan meninggalkan dampak yang sangat negatif dan perasaan yang melekat padanya bisa sangat membuat depresi. Kamu sebagai pasangan dari orang yang baru saja kehilangan pekerjaan, harus menjadi pendukung emosional terbesar bagi mereka.

Ingatkan mereka tentang kekuatan mereka, siapa mereka, dan fakta bahwa mereka sangat mampu mencapai sesuatu begitu mereka menetapkan pikiran untuk itu. Minta mereka untuk mempraktikkan afirmasi harian, duduk bersama mereka dan lakukan hal yang sama untuk mendorong mereka. Jangan menunjukkan belas kasihan, cukup beri semangat.

5. Dorong Mereka Mengeksplorasi Gairah 

Setelah mereka mencurahkan hati dan berdamai dengan kondisi setelah PHK, dorong pasangan kamu untuk melihat hikmahnya dan dorong hasrat mereka. Jika mereka suka memasak, menggambar, seni dan kerajinan, berolahraga, menari, berlatih, dorong mereka untuk menjelajahi aktivitas tersebut dan lihat bagaimana hal-hal tersebut dapat menjadi menguntungkan.

6. Bantu Menciptakan Jadwal dan Rencana Baru

Apabila kamu sudah memberikan dukungan dengan maksimal, ini saatnya untuk membantu pasangan move on dengan mencari strategi dalam mengatasi masalah yang dihadapinya.

Sebagai pasangan yang baik, solusi juga bisa dicari secara bersama-sama, termasuk dalam hal karier dan finansial. Misalnya membantu mencari pekerjaan baru dan lakukan juga pemangkasan pos-pos keuangan agar tidak kekurangan selama belum dapat pekerjaan.

TIMES OF INDIA

Baca juga: PHK saat Pandemi Tak Menutup Rezeki, Ini Tips Berjualan dengan Produk Digital

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."