Tidak Hanya sebagai Anti-inflamasi, Kunyit juga Bisa Meningkatkan Memori

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi kunyit beserta daunnya (Pixabay.com)

Ilustrasi kunyit beserta daunnya (Pixabay.com)

IKLAN

CANTIKA.COM, JakartaKunyit, mungkin bagi yang belum mengetahui mengandung berbagai khasiat. Kunyit, dijuluki bumbu emas yang berasal dari akar tanaman asli Asia. Bahannya tidak hanya digunakan selama ribuan tahun untuk menambah warna, rasa, dan nutrisi pada makanan, tetapi juga memiliki sejarah yang beragam. Kunyit juga berguna untuk berbagai macam pengobatan tradisional lainnya di Cina dan India, menurut John Hopkins Medicine. 

Penelitian telah menunjukkan kunyit memiliki banyak manfaat (misalnya melawan peradangan, mengurangi rasa sakit, mendukung pencernaan), dan sebagian besar (jika tidak semua) fasilitas ini adalah berkat senyawa yang disebut kurkumin, yang, menurut Klinik Cleveland, menawarkan sifat antioksidan dan anti-inflamasi. Manfaat dari kunyit sangat beragam, apa saja?

1. Mencegah Kondisi Kronis

Karena kurkumin memiliki efek antioksidan, mungkin tidak terlalu mengejutkan untuk mengetahui bahwa kunyit dapat membantu mencegah penyakit. Antioksidan menetralkan radikal bebas, yang, secara berlebihan, dapat menyebabkan kerusakan sel dan stres oksidatif, faktor utama dalam perkembangan kondisi kronis seperti penyakit jantung dan kanker, menurut tinjauan ilmiah 2017. Terlebih lagi, penelitian tambahan menunjukkan bahwa efek antioksidan kunyit juga dapat merangsang aksi antioksidan lain, sehingga dapat melawan penyakit dengan rempah-rempah.

2. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

"Ketika menyangkut kesehatan jantung, kunyit melindungi dan meningkatkan lapisan pembuluh darah," kata Vandana Sheth, RDN, ahli gizi ahli diet terdaftar dan penulis "My Indian Table: Quick & Tasty Vegetarian Recipes."

Faktanya, sebuah studi kecil tahun 2017 menemukan bahwa kurkumin dapat meningkatkan fungsi endotelium, lapisan pembuluh darah Anda. Ini penting karena disfungsi endotel merupakan kontributor utama penyakit jantung, menurut Klinik Cleveland.

"Manfaat anti-inflamasi dan antioksidan dari kunyit juga memainkan peran positif dalam kesehatan jantung," tambah Sheth, karena oksidasi dan peradangan dapat berperan dalam perkembangan penyakit jantung.

3. Meningkatkan Memori

Kurkumin "dapat [juga] meningkatkan tingkat faktor neurotropik yang diturunkan dari otak (BDNF), yang mendorong pertumbuhan neuron baru dan melawan efek penuaan," kata Sheth. Menjadi banyak gangguan otak yang umum (mis. Penyakit Alzheimer) telah dikaitkan dengan penurunan kadar BDNF, diyakini bahwa peningkatan BDNF — seperti dari kurkumin — dapat memperkuat memori otak dan kemampuan belajar. 

Selain itu, uji klinis dari tahun 2018 menunjukkan bahwa 90 miligram kurkumin dua kali sehari selama 18 bulan membantu meningkatkan daya ingat pada orang dewasa tanpa demensia. Para peneliti beralasan bahwa hasil ini mungkin karena sifat anti-inflamasi kurkumin, yang telah terbukti menawarkan manfaat neuroprotektif.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."