Tidak Hanya sebagai Anti-inflamasi, Kunyit juga Bisa Meningkatkan Memori

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi kunyit beserta daunnya (Pixabay.com)

Ilustrasi kunyit beserta daunnya (Pixabay.com)

IKLAN

"Meskipun tidak ada rekomendasi dosis resmi, penelitian menunjukkan di mana saja dari 500 miligram hingga 2.000 miligram per hari dalam bentuk ekstrak untuk manfaat kesehatan yang positif," kata Sheth. Perlu diingat, meskipun, bahwa studi sering berbicara tentang "bentuk ekstrak" kunyit, Sheth mencatat. Sebagai referensi, penelitian menunjukkan bumbu kunyit (yaitu jenis yang Anda miliki di dapur Anda) "mengandung sekitar 3 persen kurkumin dibandingkan dengan ekstrak atau suplemen, yang biasanya mengandung 95 persen kurkumin," dia menunjukkan.

Meskipun demikian, aturan praktis yang baik adalah bahwa 1 sendok teh menyajikan  200 miligram kurkumin, tambah Zhu. Namun, jumlah kunyit yang harus Anda konsumsi juga akan tergantung pada tujuan kesehatan spesifik Anda.

Terlalu banyak kunyit "merangsang lambung untuk menghasilkan lebih banyak asam lambung," yang dapat menyebabkan mual dan diare, di antara efek GI lainnya, Zhu menjelaskan. Ditambah lagi, dosis kurkumin lebih dari 2.000 miligram biasanya tidak direkomendasikan "karena sebagian besar penelitian tidak memiliki bukti manfaat kesehatan di atas kisaran ini," katanya. 

Meskipun merupakan ide yang baik untuk berbicara dengan dokter sebelum mengonsumsi jenis suplemen apa pun, melakukannya sangat penting sebelum mengonsumsi suplemen kunyit jika Anda menderita diabetes. Itu karena kunyit dapat menurunkan kadar gula darah dan berpotensi menyebabkan hipoglikemia, menurut Gunung Sinai. Anda juga harus berkonsultasi dengan dokter Anda sebelum menambahkan kunyit dalam rutinitas sehari-hari, karena rempah-rempah dapat meningkatkan efek obat-obatan, seperti obat pengemcer darah.

Kabar baiknya, sebagian besar resep cenderung membutuhkan 1-2 sendok teh rempah-rempah (bukan ekstrak atau suplemen), jadi kemungkinan mengonsumsi kunyit secara berlebihan sebagai bumbu rendah, kata Zhu.

Pilihan Editor: Manfaat Kunyit Sebagai Pereda Nyeri Menstruasi Asal Tidak Dikonsumsi Berlebihan

WIDYA FITRIANINGSIH | POP SUGAR

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Halaman

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."