Mengenal Lebih Dekat Uhm Jung Hwa, Pemeran Drakor Doctor Cha yang Bersinar

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Uhm Jung-hwa. REUTERS/Kim Hong-Ji

Uhm Jung-hwa. REUTERS/Kim Hong-Ji

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta -  Pada 30 April 2023, drama Korea komedi bertema medis itu naik ke rekor penonton tertinggi sepanjang masa. Menurut Nielsen Korea, episode keenam Doctor Cha mencetak rating nasional rata-rata sebesar 13,2 persen. Angka ini menandai rekor untuk drama tersebut. Angka rata-rata penonton sebesar itu membuat rating nasional dari Doctor Cha meningkat sebesar 23,1 persen. 

Simak profil pemeran drama Korea Doctor Cha, Uhm Jung Hwa yang pernah bersinar di masanya: 

Uhm Jung Hwa yang lahir pada 17 Agustus 1969. Ia memulai kariernya sebagai anggota paduan suara di MBC, satu dari tiga perusahaan penyiaran Korea Selatan pada 1987 hingga 1990. Ia memulai debut dalam bidang seni peran pada 1991 hingga 1994 melalui Marriage Story. Selang waktu debutnya dalam dunia film, ia juga merilis album pertamanya Sorrowful Secret dengan Samsung Music pada 1993.

Banyak seniman Korea lainnya menganggap Uhm sebagai panutan. Kini, perannya sebagai Cha Jeong Suk dalam drama Doctor Cha membuat namanya semakin menanjak dalam perfilman Korea Selatan. 

Uhm Jung Hwa merupakan aktris legendaris Korea Selatan yang lahir di Jecheon pada 17 Agustus 1969. Aktris yang berusia setengah abad ini merupakan pemeluk agama Kristen serta memiliki satu adik laki-laki dan dua saudara perempuan. Dikenal awet muda, Uhm Jung Hwa memiliki tips dengan makan buah apel dan rebusan pasta kacang hampir setiap hari. Proyek terbarunya dalam drama Doctor Cha berperan sebagai Cha Jeong Suk, yakni seorang ibu rumah tangga yang kembali berprofesi sebagai dokter. 

Doctor Cha merupakan drama yang disutradarai oleh Kim Dae Jin dan naskahnya ditulis Jung Yeo Rang. Drama Korea Doctor Cha yang memiliki 16 episode ini, tayang sejak 15 April 2023 hingga 4 Juni 2023 di JTBC dan Netflix setiap hari Sabtu dan Minggu pukul 22.30. Menariknya, pada episode keenam, drama Doctor Cha berhasil meraih rating sebesar 13,2 persen.

Untuk itu, mari ketahui 6 fakta menarik Uhm Jung Hwa mulai dari karier hingga perjalanan asmaranya berikut ini.

1. Karier Uhm Jung Hwa

Perjalanan karier Uhm Jung Hwa sebagai seorang penyanyi, aktris, dan desainer memang sangat mengagumkan. Mengawali karier sebagai penyanyi pop Korea dengan menjadi anggota paduan suara MBC pada 1987 hingga 1990, membuatnya berhasil memiliki kesempatan debut sebagai seorang aktris pada 1991 dalam film Marriage Story.

Kemudian, Uhm Jung Hwa merilis album pertamanya bersama Samsung Music pada 1993 yang bertajuk Sorrowful Secret. Memiliki pita suara yang bagus membuatnya berhasil merilis album ganda bertajuk Self Control pada 2004 dan bergabung dalam supergrup Refund Sisters pada 2020 bersama dengan Lee Hyori, Jessi, dan Hwasa yang membawakan single Don't Touch Me.

Sejak masa 2000-an Uhm Jung Hwa selalu mengembangkan kariernya dalam dunia musik, film, dan drama hingga berhasil memerankan 13 film dan 10 drama di sepanjang kariernya. Usaha Uhm Jung Hwa tidak mengkhianati hasil, karena dia sempat meraih penghargaan sebagai Aktris Terbaik dalam Baeksang Arts Awards 2012 dan Aktris Terbaik dalam 50th Daejong Film Awards 2013.

2. Dijuluki Madonna Kebanggaan Korea Selatan

Uhm Jung Hwa sangat populer di Korea Selatan karena memiliki citra perempuan cantik, seksi, dan berbakat hingga dijuluki sebagai Madonna Kebanggaan Korea Selatan. Citra sensual yang dimiliki Uhm Jung Hwa sempat dipublikasikan dalam model sampul majalah Vogue pada 2016.

3. Member Grup Refund Sisters

Uhm Jung Hwa merupakan member group Refund Sisters, yakni supergrup yang dibentuk melalui program Hangout with Yoo pada 2020. Beranggotakan empat orang berbakat yakni Uhm Jung Hwa, Lee Hyori, Jessi, dan Hwasa MAMAMOO.

Reputasi Refund Sisters langsung populer dan berhasil sukses dalam tangga lagu Circle Chart melalui single Don't Touch Me. Walaupun hingga kini masih belum ada kabar comeback, namun Refund Sisters sempat berkolaborasi dengan DPR Live dengan menyanyikan single Hop pada 2020.

4. Miliki Brand Lingerie

Uhm Jung Hwa memilih memasuki dunia mode pada 2007 dengan meluncurkan produk lingerie bernama Corner Suite dan ZHUM. Brand tersebut memiliki 70 toko di Korea Selatan dan New York yang bisa dibeli secara daring maupun mendatangi tokonya secara langsung.

5. Perjalanan Asmara Uhm Jung Hwa

Uhm Jung Hwa sempat menjalin hubungan dengan seorang aktor bernama Jun Joon Hong pada 2008, kemudian keduanya berpisah pada 2010. Hubungan asmara yang berjalan hanya dua tahun tersebut memang terasa sangat singkat namun keduanya memiliki alasan masing-masing untuk tidak lagi menjalin hubungan.

Berkat kabar tersebut, Uhm Jung Hwa sempat melakukan wawancara di cafe Sogyeok tentang alasan dirinya masih belum menikah. Rupanya, Uhm Jung Hwa memiliki kekhawatiran dan ketakutan akan hubungan pernikahan yang tidak mudah, serta tanggung jawab besar yang harus dihadapi apabila terjalin pernikahan dan memiliki seorang anak.

6. Uhm Jung Hwa Pernah Mengidap Kanker Tiroid

Uhm Jung Hwa sempat divonis mengidap kanker tiroid pada Mei 2010 yang membuatnya sulit berbicara dan bernyanyi selama 8 bulan. Beruntungnya, dia langsung melakukan terapi dan berhasil mengalahkan kanker tiroid tersebut. 

Pilihan Editor:  Fakta Memikat Serial Drakor Dokter Cha, Kisah Ibu Rumah Tangga Meraih Mimpi

BRAM SETIAWAN | ISTIQOMATUL HAYATI 

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."