Mengenal Chris Martin Vokalis Coldplay, Piawai Bermain Musik dan Kisah Cintanya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Penyanyi grup band Coldplay, Chris Martin menghibur penonton dalam Expo 2020 di Dubai, Uni Emirat Arab, 15 Februari 2022. REUTERS/Christopher Pike

Penyanyi grup band Coldplay, Chris Martin menghibur penonton dalam Expo 2020 di Dubai, Uni Emirat Arab, 15 Februari 2022. REUTERS/Christopher Pike

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Band belakangan menjadi perhatian karena dikabarkan bakal menggelar konser di Jakarta, Indonesia. Tiket Coldplay akan mulai dijual untuk konser di Jakarta pada 15 November 2023. Coldplay band asal London, ini personelnya terdiri dari Chris Martin, Guy Berryman, Jonny Buckland, dan Will Champion.

Mengutip dari Britannica, Coldplay menembus UK Top 100 pada 1999 dengan single Brothers & Sisters di label independen Fierce Panda sebelum menandatangani kontrak dengan label besar Parlaphone. Di tahun itu band ini merilis EP Blue Room dengan banyak ulasan cemerlang.

Profil Chris Martin

Chris Martin vokalis Coldplay ini lahir pada 2 Maret 1977 di Whitestone, Exeter, Devon, Inggris. Selain vokal, ia pun piawai memainkan piano dan gitar. Chris Martin dididik di Sekolah Hylton dan Sekolah Katedral Exeter, di mana dia menemukan kecintaannya pada musik.

Chris melanjutkan pendidikannya di Sekolah Sherborne, sebelum berkuliah di University College London jurusan Sejarah Kuno. Ketertarikannya pada musik berkembang di usia muda dan dia membentuk band pertamanya, The Rocking Honkies, saat dia bersekolah di Preparatory Exeter Cathedral School.

Selama orientasi perguruan tinggi pada 1996, dia bertemu dengan gitaris Jonathan atau dikenal Jonny Buckland dan keduanya memutuskan untuk membentuk sebuah band, dengan nama yang dipilih Pectoralz . Pada tahun 1997, band yang saat ini berganti nama menjadi Starfish itu telah merekrut Guy Berryman pada bass dan Will Champion pada drum.

Kisah Cinta

Chris adalah anak tertua dari lima bersaudara dari seorang guru dan akuntan. Ia pernah menikah dengan aktris Hollywood, Gwyneth Paltrow pada 5 Desember 2003. Dari pernikahan ini, Chris Martin dikaruniai dua anak. Putri mereka yang diberi nama Apple lahir pada Mei 2004 di London. Anak keduanya, Moses, lahir pada April 2006 di New York City.

Namun pernikahannya harus kandas dan mereka memutuskan bercerai pada 2016. Kini, Chris Martin dikabarkan berpacaran dengan Dakota Johnson.

Pilihan Editor: Konser Coldplay Sebentar Lagi, Simak 7 Tips Ini Agar Menang War Tiket

MALINI | S. DIAN ANDRIYANTO 

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."