Sering Pakai Skincare Bahan Aktif dan Eksfoliasi Rentan Bikin Jerawat Semakin Parah

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi jerawat (Freepik)

Ilustrasi jerawat (Freepik)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Tahukah Anda, jika masalah jerawat yang dialami banyak orang bisa disebabkan oleh banyak hal, mulai dari hormon yang tidak stabil atau handuk yang kotor.

Namun, ada beberapa jenis produk perawatan kulit atau skincare yang bisa menimbulkan jerawat, yang sebaiknya dihindari untuk jenis kulit sensitif.

Dokter kulit memberikan saran jenis produk perawatan yang harus dihindari untuk mencegah timbulnya jerawat baru, dikutip dari Insider, Sabtu, 29 April 2023. 

Hal pertama yang harus dihindari adalah produk yang mengandung minyak. Seorang dokter kulit bersertifikat yang berpraktik di California selatan, Ivy Lee, merekomendasikan untuk menghindari pelembab dan pembersih berbahan dasar minyak bagi mereka yang rentan berjerawat, karena dapat menyumbat pori-pori.

Secara umum, disarankan untuk selalu mencari tulisan “non-comedogenic” pada kemasan produk baru jika kulit sangat sensitif hingga pori-pori tersumbat.

Sementara itu, Direktur Riset Kosmetik dan Klinis Departemen Dermatologi Rumah Sakit Mount Sinai di Kota New York Joshua Zeichner, juga mengatakan, carilah produk bebas minyak, yang tidak mengandung mineral atau minyak nabati.

Produk kedua adalah Vitamin E. Meskipun Vitamin E memiliki sifat anti-inflamasi, Zeichner mengatakan bahwa vitamin yang larut dalam minyak (umumnya ditemukan dalam serum antioksidan) dapat memperburuk sifat berminyak.

“Saya menemukan bahwa pasien saya cenderung tidak menggunakan vitamin E lagi dan saya menyarankan untuk tetap menggunakan serum vitamin C saja,” ujarnya.

Seperti vitamin E, vitamin C juga merupakan antioksidan dan menawarkan manfaat serupa dengan risiko jerawat yang lebih rendah.

Ketiga, terlalu banyak eksfoliasi produk pada umumnya bisa memperburuk wajah berjerawat. Ziechner mengatakan jika menggunakan produk jerawat, berhati-hatilah untuk tidak melakukan rutinitas perawatan kulit secara berlebihan.

Menggunakan terlalu banyak bahan aktif sekaligus atau mengeksfoliasi kulit secara berlebihan dapat mengganggu lapisan kulit (skin barrier) dan menyebabkan iritasi serta memperparah jerawat atau kemerahan yang sudah Anda miliki.

Berikan waktu bagi kulit untuk "beristirahat" dari produk aktif selama dua dari setiap empat hari istirahat.

Terakhir, jika Anda masih bingung apa yang menyebabkan begitu banyak masalah pada kulit Anda, jawabannya mungkin karena Anda menggunakan produk kadaluarsa.

Lee merekomendasikan untuk memeriksa ulang tanggal kedaluwarsa pada semua produk Anda dan membuang yang lama.

Selain hasilnya kurang efektif, produk kadaluarsa juga bisa menyebabkan iritasi kulit akibat rusaknya bahan.

Namun, jika Anda sudah menyingkirkan keempat jenis produk tersebut dan masih tidak yakin apa yang mengiritasi kulit Anda, Lee menyarankan untuk mengurangi rutinitas Anda atau menyisihkan produk baru yang telah Anda coba dalam tiga bulan terakhir.

Pilihan Editor: Rahasia Awet Muda ala Miranda Kerr; Pijat Wajah, Eksfoliasi, dan Hidrasi

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."