Kenang Perjuangan Ibunya Melawan Kanker, Angelina Jolie: Luangkan Waktu Merawat Diri Sendiri

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Angelina Jolie. Foto: Instagram/@angelinajolie

Angelina Jolie. Foto: Instagram/@angelinajolie

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Menghormati Hari Kanker Ovarium Sedunia setiap tanggal 8 Mei 2023, aktris Angelina Jolie mengenang perjuangan mendiang ibunya melawan kanker ovarium dan payudara pada tahun 2007, dan mendorong para wanita untuk menjaga kesehatan mereka.

Lewat akun Instagramnya, Senin, 8 Mei 2023, Jolie membagikan foto lama dirinya dan ibunya mencerminkan perjuangan ibunya selama satu dekade melawan kanker payudara dan ovarium sebelum kematiannya.

"Besok akan menjadi ulang tahun ibu saya yang ke-73. Dia meninggal 15 tahun yang lalu, setelah lama berjuang melawan kanker payudara dan ovarium," tulisnya pada Senin kemarin.

"Pada bulan Juni, saya akan sebulan lagi dari usia ketika dia didiagnosis. Saya telah menjalani operasi pencegahan untuk mencoba mengurangi kemungkinan, tetapi saya terus melakukan pemeriksaan," ucapnya.

Jolie juga menuliskan pesan semangat kepada keluarga yang telah kehilangan orang-orang yang dicintai dan kekuatan kepada mereka yang berjuang saat ini untuk hidup mereka dan kehidupan orang yang mereka cintai. 

Bukan cuma itu, Jolie juga mengajak para perempuan untuk meluangkan waktu menjaga kesehatan diri sendiri.

"Dan untuk wanita lain, tolong luangkan waktu untuk merawat diri sendiri dan lakukan mammogram dan tes darah atau USG, terutama jika Anda memiliki riwayat kanker keluarga #worldovariancancerday," tutupnya.

Prosedur Preventif yang Dijalani Angelina Jolie

Kilas balik sejenak ke tahun 2019, Jolie membuka esai emosional untuk Time tentang prosedur pencegahan atau preventif setelah kehilangan ibundanya karena kanker.

"Saya hanya merasa telah membuat pilihan untuk meningkatkan peluang saya berada di sini untuk melihat anak-anak saya tumbuh menjadi dewasa, dan untuk bertemu dengan cucu-cucu saya," tulis Jolie tentang keputusannya untuk menjalani mastektomi ganda preventif dan kemudian mengangkat indung telur serta saluran tuba.

"Harapan saya adalah memberikan tahun-tahun sebanyak yang saya bisa untuk hidup mereka, dan berada di sini untuk mereka."

Bintang film Maleficent itu diketahui ibu dari enam anak, yakni Maddox, 21, Pax, 19, Zahara, 18, Shiloh, 16, dan anak kembar Knox dan Vivienne yang berusia 14 tahun.

Ketika ditanya soal luka fisik yang membekas di tubuhnya. Jolie menganggap itu salah satu keunikan dari dirinya. 

"Orang-orang juga bertanya bagaimana perasaan saya tentang bekas luka fisik yang saya bawa," tulis Jolie. "Saya pikir bekas luka kita mengingatkan kita pada apa yang telah kita atasi. Itu adalah bagian dari apa yang membuat kita masing-masing unik. Keanekaragaman itu adalah salah satu hal yang paling indah tentang keberadaan manusia."

Menurut Jolie, bekas luka yang paling sulit ditanggung adalah bekas luka di pikiran.

Ibunda Angelina Jolie 10 Tahun Melawan Kanker

Ibunda Angelina Jolie, Marcheline Bertrand, melawan kanker payudara dan ovarium selama 10 tahun atau satu dekade. Dia wafat pada usia 56 tahun pada tahun 2007. Dia juga kehilangan bibinya karena penyakit tersebut pada tahun 2013, di tahun yang sama Jolie memutuskan untuk melakukan mastektomi ganda. Keputusan tersebut diambil setelah tes genetik menunjukkan bahwa dia membawa gen BRCA1 yang bermutasi, kemungkinan mengembangkan kanker payudara.

Dua tahun kemudian, ketakutan akan kanker ovarium membuat Angelina Jolie itu mengangkat indung telur dan juga saluran tuba.

Pilihan Editor: Angelina Jolie Resmi Mundur Sebagai Utusan PBB, Ini Penjelasannya

PEOPLE

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."