Scroll Untuk Melanjutkan
Angelina Jolie Resmi Mundur Sebagai Utusan PBB, Ini Penjelasannya

Angelina Jolie berbicara di samping anggota Kongres tentang Undang-Undang Kekerasan Terhadap Perempuan, di Capitol Hill di Washington, AS, 9 Februari 2022. Undang-undang Kekerasan Terhadap Perempuan berakhir pada akhir 2018. REUTERS/Tom Brenner

Iklan

karir

Angelina Jolie Resmi Mundur Sebagai Utusan PBB, Ini Penjelasannya

Minggu, 18 Desember 2022 10:30 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Ecka Pramita
Iklan

CANTIKA.COM, Jakarta -  Aktris dan aktivis Angelina Jolie resmi mengundurkan diri sebagai utusan badan pengungsi PBB setelah 21 tahun. Seperti yang dilaporkan Fox News, Sabtu, 17 Desember 2022 Angelina Jolie dan badan pengungsi PBB telah mengeluarkan pernyataan bersama pada hari Jumat kemarin bahwa aktris tersebut mengundurkan diri dari perannya di organisasi tersebut.

"Setelah lebih dari 20 tahun, saya mengundurkan diri hari ini dari pekerjaan saya dengan Badan Pengungsi PBB. Saya percaya pada banyak hal yang dilakukan PBB, terutama nyawa yang diselamatkan melalui bantuan darurat," tulis Angelina di unggahannya di Instagram, Sabtu, 17 Desember 2022. 

Iklan

"UNHCR penuh dengan orang-orang luar biasa yang membuat perbedaan bagi kehidupan orang-orang setiap hari. Pengungsi adalah orang yang paling saya kagumi di dunia dan saya berdedikasi untuk bekerja dengan mereka selama sisa hidup saya. Saya akan bekerja sekarang dengan organisasi yang dipimpin oleh orang-orang yang paling terkena dampak konflik secara langsung, yang memberikan suara terbesar kepada mereka."

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Berdasarkan pernyataan tersebut, Jolie akan meninggalkan perannya sebagai utusan khusus agensi untuk terlibat dalam urusan kemanusiaan dan hak asasi manusia yang lebih luas.

“Setelah sekian lama dan sukses bersama UNHCR, saya menghargai keinginannya untuk mengalihkan keterlibatannya dan mendukung keputusannya," kata Komisaris Tinggi PBB untuk Pengungsi Filippo Grandi.

“Saya tahu masalah pengungsi akan tetap dekat di hatinya, dan saya yakin dia akan membawa semangat dan perhatian yang sama ke portofolio kemanusiaan yang lebih luas,” tambahnya.

Kemitraan Jolie dengan badan pengungsi PBB dimulai pada tahun 2001 silam, dan pada tahun 2012, dia ditunjuk sebagai utusan khusus.

Jolie berusia 26 tahun ketika dia mengunjungi kamp pengungsi pertamanya pada tahun 2001. Belakangan tahun itu, dia pun ditunjuk sebagai duta UNHCR, dengan komisaris tinggi saat itu mengatakan dia berharap Jolie dapat menarik perhatian para penggemarnya dan mendidik mereka.

Menanggapi permintaan komentar tambahan oleh The Associated Press, badan PBB tersebut menolak memberikan rincian lebih lanjut, termasuk apakah mereka akan menunjuk utusan khusus lain untuk menggantikan Jolie.

Baca: Perankan Penyanyi Opera Maria Callas, Angelina Jolie: Memberi Semua yang Saya Bisa

ANTARA | INSTAGRAM

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan