5 Fakta Met Gala 2023, dari Botol Air Daur Ulang jadi Dekorasi hingga Riasan Prostetik

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Doja Cat mengenakan gaun Oscar de la Renta dengan tudung yang menyerupai kucing dan riasan  prostetik di wajahnya, di Met Gala 2023. Instagram.com/@oscardelarenta

Doja Cat mengenakan gaun Oscar de la Renta dengan tudung yang menyerupai kucing dan riasan prostetik di wajahnya, di Met Gala 2023. Instagram.com/@oscardelarenta

IKLAN

4. Dekorasi dari Botor Air Daur Ulang

Jika Anda tak menyadarinya, pagar tanaman hijau dan bunga tradisional yang biasanya jadi bagian dekorasi Met Gala diganti tahun ini dengan instalasi lampu yang terdiri dari botol air daur ulang yang menyala dengan cahaya biru. Begitu pula dengan lampu gantung chandelier yang terbuat dari botol air daur ulang.

"Setiap sisi tenda karpet merah dilapisi dengan panel trompe l'oeil yang terinspirasi oleh seni dekoratif Prancis abad ke-18, yang dikumpulkan oleh Lagerfeld," tulis Met Museum di akun Instagram resminya.

Desain tersebut dibuat oleh Tadao Ando, desainer pameran Met tahun ini "Karl Lagerfeld: A Line of Beauty."

Semua botol daur ulang yang digunakan untuk dekorasi Met Gala akan didaur ulang untuk digunakan di masa mendatang. Ini keputusan yang menyegarkan, terutama mengingat banyaknya selebriti yang memprioritaskan mode berkelanjutan di karpet merah dalam beberapa tahun terakhir.

"Mengingat iklim saat ini, kami ingin menyoroti pentingnya memberikan barang sehari-hari kami lebih dari satu siklus hidup," kata perencana acara Met Gala, Raul Àvila kepada Vogue.

Botol daur ulang jadi bagian dekorasi Met Gala 2023 di New York, pada Senin, 1 Mei 2023. Foto: Instagram/@metmuseum

"Kami ingin menemukan cara untuk membuat desain yang berkelanjutan yang akan mengimplementasikan botol menjadi instalasi yang menakjubkan tidak seperti yang pernah kami lakukan sebelumnya." Desain botol daur ulang juga berlanjut di dalam acara tersebut, dengan total ribuan botol.

Sangat menyenangkan melihat keberlanjutan memiliki momennya di panggung yang begitu besar, terutama mengingat kritik yang diterima industri fashion di masa lalu karena kurangnya komitmen terhadap penyebabnya. Industri itu sendiri bertanggung jawab atas 20 persen polusi air global, dan emisi global industri pakaian jadi diperkirakan akan berlipat ganda pada tahun 2030, menurut PBB.

Faktanya, ada laporan tentang protes yang terjadi menjelang Met Gala, warganet di Twitter menggungah foto pengunjuk rasa yang mengenakan kemeja dan memegang tanda bertuliskan "Pajak orang kaya" dan "Berhenti membunuh iklim."

Pada akhirnya, industri mode atau fashion, dan lebih luas lagi, industri konsumen dan retail secara keseluruhan memiliki jalan yang panjang dalam usahanya untuk menciptakan solusi yang lebih ramah lingkungan. Namun demikian, dekorasi Met Gala tahun ini merupakan langkah maju yang layak disambut baik.

5. Artis Korea Selatan

Met Gala 2023 tak hanya dihadiri para selebriti Hollywood, tapi juga artis mancanegara termasuk Korea Selatan. Song Hye Kyo dan Jennie Blackpink adalah bintang Korea yang melenggang di karpet merah.

Sebaga duta merek Fendi, Hye Kyo mengenakan gaun koleksi rumah mode asal Italia itu. Dia memakai gaun berbahan satin peach lembut dengan renda putih. Gaunnya tampak terdiri dari atasan bustier dan rok yang menyapu lantai.

Song Hye Kyo pertama kali menghadiri Met Gala 2023, dengan CEO Fendi, Serge Brunschwig, di Metropolitan Museum of Art, New York, Amerika Serikat, Senin 1 Mei 2023. Instagram.com/@fendi

Untuk gaya rambutnya, bintang drama The Glory itu tampil modern dengan gaya 'hime cut', yang baru-baru ini menjadi tren besar di Asia. Penampilan ini melibatkan dua poni besar yang membingkai wajah. Dia menambahkan dua kepangan untuk membuatnya lebih unik, dengan satu di belakang sementara yang lain digantung di bahunya.

Di penampilan debut Met Gala-nya, Hye Kyo datang bersama CEO Fendi, Serge Brunschwig.

Sementara Jennie Blackpink memakai gaun klasik Chanel di era 1990-an. "Saya memakai (koleksi) Chanel dari runway tahun 90-an. Saya sangat beruntung karena tim Chanel membuat ulang tampilan ini, seperti yang dilakukan Karl. Saya sangat senang!" kata Jennie, kepada Emma Chamberlain untuk Vogue di karpet merah.

Jennie Blackpink debut di Met Gala pada Senin, 1 Mei 2023 mengenakan gaun Chanel dari era 1990-an. (Instagram/@chanelofficial)

Penampilan vintage Jennie terdiri dari gaun mini putih tanpa tali yang dibuat dengan garis leher bergigi, rok berlipit, dan hiasan bunga khas label. Dia juga memakai stoking hitam dan sepatu hak hitam bergaya klasik.

Untuk melengkapi penampilannya, dia memakai jepit rambut bunga putih, choker hitam, dan sarung tangan hitam sepanjang siku.

Pilihan Editor: Pemotretannya di Playboy, Inspirasi Busana Kim Kardashian di Met Gala 2023

WIDYA FITRIANINGSIH | SILVY

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Halaman

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."