6 Tips Tampil dengan Makeup Era 60-an, Eyeliner Dramatis dan Lipstik Nude

Ilustrasi Nude Lipstick. (The Independent)

kecantikan

6 Tips Tampil dengan Makeup Era 60-an, Eyeliner Dramatis dan Lipstik Nude

Senin, 1 Agustus 2022 22:00 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Tampilan riasan atau makeup era 60-an menjadi lebih berani, dramatis, dan lebih menyenangkan. Kondisi itu dipengaruhi situasi ekonomi pascaperang tahun 1960-an.

Penata rias Fiona Mifsud, yang pernah merias wajah di acara Broadway seperti Pretty Woman dan The King and I, mengatakan, area mata menjadi pusat perhatian dengan garis-garis tebal dan warna. Bulu mata palsu, maskara tebal, dan bahkan bulu mata bagian bawah yang digambar menjadi sangat populer di masa itu.

Sementara itu, bagian lainnya tampil halus dan lembut dengan warna pastel pada bibir dan perona pipi (blush on).

Banyak dari tampilan riasan atau makeup era 60-an masih relevan hingga saat ini, dan mudah ditiru di rumah. Penata rias Broadway, Rachel Estabrook mengungkapkan untuk menciptakan tampilan tahun 60-an yang dinamis dan akurat secara historis, bisa tengok tampilan Twiggy atau Diana Ross.

"Dua diva tahun 60-an yang memukau dengan beberapa penampilan riasan yang cukup ikonik," imbuhnya.

Jika Anda sedang mencari inspirasi makeup era 60-an, berikut tips yang dibagikan para penata rias Broadway.

1. Eyeliner dramatis

Menurut Estabrook, area mata adalah poin utama makeup era 60-an dengan warna kontras dan bentuk dramatis untuk menonjolkan penampilan seperti boneka bayi. Dia merekomendasikan eyeliner gel, seperti Eyestudio Lasting Drama Eye Gel Liner dari Maybelline untuk mendapatkan bentuk grafik yang halus pada kelopak mata Anda. Untuk tampilan mod, Anda mungkin juga menginginkan eyeliner berwarna.

Sementara Fiona mengungkapkan eyeliner warna dapat digambar dengan berbagai cara. Yang paling populer adalah kelopak mata berwarna putih atau pastel dengan garis lipatan tebal dalam warna yang berani, biasanya biru dan abu-abu.

Kuncinya berani dengan tampilan eyeliner dan ambil garis grafis dari sudut dalam mata sampai ke sudut luar, menyapu tepat di lipatan lipatan Anda. Estabrook merekomendasikan bagi yang memiliki mata dengan lipatan, buat garis sedikit di atas lipatan kelopak mata alami. Lakukan hal yang sama pada kelopak mata bawah, sedikit di bawah garis bulu mata Anda.

2. Maskara tidak tebal

Mengingat poin utama area mata di gaya makeup era 60-an, tetap aplikasikan maskara bagi pemilik bulu mata tebal. Kuncinya tidak tebal, semakin halus semakin baik.

3. Eye shadow biru muda atau hijau mint 

Suatu keharusan untuk memiliki beberapa warna eye shadow yang kontras. Estabrook mengatakan, "Hitam atau putih selalu menjadi cara yang pasti untuk membuat pop! Anda juga dapat mencampurnya dan menggunakan bayangan pastel. Biru muda dan hijau mint adalah warna eye shadow yang hits di era 60-an." 

4. Perona pipi merah muda

Untuk perona pipi, Anda bisa sapukan warna koral lembut atau merah muda lembut di pipi Anda hanya untuk sedikit warna ekstra. Sekali lagi, bintang makeup-nya adalah area mata.

5. Sedikit bedak

Sedikit menggunakan alas bedak (foundation), atur penampilan Anda dengan bedak ringan, seperti bedak tabur.

6. Lipstik nude atau coral

Warna lipstik di era 60-an condong alami untuk memberi ruang bagi mata yang berani itu. Anda bisa mengaplikasikan lipstik atau lip balm warna nude dan coral. Tidak perlu lip liner.  

Tertarik mengaplikasikan gaya makeup era 60-an untuk variasi tampilan harian Anda?

Baca juga: Tips Makeup bagi Pemilik Kulit Gelap, Berani Warna Cerah dan Hindari Nude

POP SUGAR