Jalan Kaki atau Lari, Mana Lebih Baik?

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita berjalan kaki. Freepik.com

Ilustrasi wanita berjalan kaki. Freepik.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Secara umum, lari cenderung mendapatkan reputasi sebagai latihan yang lebih baik daripada berjalan, tetapi belum tentu demikian. Jadi, mana lebih baik, jalan kaki atau lari? Simak pandangan para pakar kesehatan dilihat dari tujuan dan kondisi saat akan melakukan salah satu dari dua olahraga tersebut. Kuncinya tetap konsisten.

"Orang biasanya akan membakar lebih banyak kalori saat berlari ketimbang jalan kaki, tetapi itu tidak berarti lari adalah latihan yang lebih baik," kata Steve Stonehouse, pelatih lari bersertifikat USATF dan direktur pendidikan untuk STRIDE, seperti dikutip dari Well+Good, 20 April 2023.

"Ada banyak faktor yang akan memutuskan mana yang lebih baik dan sebagian besar spesifik untuk setiap individu." Berjalan juga biasanya disebut-sebut sebagai pilihan yang lebih mudah, tetapi itu juga tidak selalu benar. "Anda dapat melakukan latihan berjalan yang dirancang dengan baik, dan itu bisa sangat sulit," kata Stonehouse.

Variabel seperti kecepatan, kemiringan, dan durasi semuanya akan memengaruhi keefektifan latihan Anda. Jalan kaki 30 menit yang mudah tidak akan menghasilkan hasil yang sama dengan latihan kecepatan intensitas tinggi untuk lari, tetapi hal yang sama berlaku untuk latihan yang mudah. Lari cepat dan latihan berjalan termasuk tingkat tanjakan yang berbeda.

Untuk membantu Anda mengetahui latihan mana yang terbaik untuk Anda, berikut pemaparan manfaat kedua olahraga tersebut dalam lima kategori berbeda, tergantung pada apa yang Anda cari.

Tapi satu hal penting yang perlu diingat? "Ini bukan tentang jalan kaki atau lari yang lebih baik. Ini tentang mempelajari cara menggabungkan keduanya untuk mendapatkan latihan terbaik sekaligus menjaganya tetap aman dan efektif," kata Stonehouse.

Untuk Persendian: Jalan Kaki

Jika Anda mencari olahraga yang berdampak rendah namun tetap efektif, jalan kaki adalah pilihan yang tepat. "Berjalan kurang berdampak pada persendian Anda, terutama karena satu kaki selalu bersentuhan dengan tanah, sedangkan dengan berlari, Anda meninggalkan tanah dengan kedua kaki di setiap langkah," kata Stonehouse. "Tergantung pada efisiensi Anda, hentakan dapat bertambah dengan jarak yang Anda tempuh."

Pelari juga memiliki risiko cedera yang lebih besar daripada pejalan kaki, dan satu penelitian menemukan bahwa pria yang berlari atau joging 25 persen lebih mungkin mengalami masalah di kaki, tendon achilles, dan tibias. Tetapi jika Anda ingin mempercepat?

"Pelari dapat mengurangi risiko cedera dengan membangun perlahan-lahan — sering kali 'terlalu banyak, terlalu cepat' adalah tempat munculnya masalah," kata Betsy Magato, pelatih lari Charge. Latihan di bawah bimbingan pelatih atau mengikuti rencana dapat membantu menghindari cedera yang tak diinginkan.

Baca juga: 6 Tips agar Rutin Jalan Kaki, Bangun Konsistensi Bertahap dan Cari Lokasi yang Aman

Untuk yang Punya Waktu Singkat: Lari

Menurut Magato, lari dua mil dan jalan kaki dua mil akan memberikan manfaat yang sama, tetapi waktu berlari yang dibutuhkan lebih pendek.

"Tiga puluh menit berlari sama dengan sekitar 60 menit berjalan," katanya. "Jika Anda hanya memiliki waktu 30 menit untuk berolahraga, lari mungkin yang terbaik, tetapi jika Anda punya waktu satu jam, jalan kaki mungkin lebih baik."

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."