8 Tanda Pasangan Melakukan Pelecehan Emosional

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi pasangan. Freepik.com/Yanalya

Ilustrasi pasangan. Freepik.com/Yanalya

IKLAN

4. Manipulasi dan Rasa Bersalah

Seseorang yang melakukan pelecehan emosional menggunakan taktik manipulasi untuk membuat korban merasa bersalah, memaksa mereka untuk menuruti tuntutannya atau merasa bertanggung jawab atas ketidakbahagiaannya.

5. Mengabaikan, Mendiamkan, atau Menghina

Pelecehan emosional juga dapat berupa pengabaian terhadap korban, memberi mereka perlakuan diam, atau menunjukkan penghinaan terhadap perasaan, pendapat, dan kebutuhan mereka.

6. Ancaman dan Intimidasi Verbal

Seorang pasangan yang menggunakan ancaman atau intimidasi verbal untuk menimbulkan rasa takut atau kepatuhan menunjukkan tanda yang jelas dari pelecehan emosional. Ini mungkin termasuk ancaman untuk menyakiti diri sendiri, korban, atau orang lain dan mengakhiri hubungan.

7. Gaslighting

Bentuk pelecehan emosional ini melibatkan manipulasi korban untuk meragukan ingatan, persepsi, atau kewarasan mereka sendiri, membuat mereka mempertanyakan perasaan dan pengalaman mereka.

8. Pengabaian Emosional

Pelecehan emosional dapat bermanifestasi sebagai pengabaian emosional atau menahan kasih sayang dan dukungan untuk menghukum, memanipulasi, atau mengendalikan korban.

"Jika Anda mengalami salah satu dari tanda pasangan melakukan pelecehan emosional, penting untuk menyadari bahwa situasinya tidak sehat dan kasar secara emosional. Sangat penting untuk mencari bantuan dari teman, keluarga, atau profesional yang mendukung, seperti pakar kesehatan mental, pakar hubungan, atau pelatih kehidupan," pungkas Dr Chandni. Ingatlah, bahwa setiap orang berhak mendapatkan hubungan yang penuh kasih, dukungan, dan rasa hormat.

Pilihan Editor: Jangan Abaikan, Berikut 9 Tanda Pelecehan Verbal dari Pria ke Perempuan

HINDUSTAN TIMES

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Halaman

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."