5 Keutamaan Puasa Syawal yang Perlu Kamu Tahu

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi buka puasa. Shutterstock

Ilustrasi buka puasa. Shutterstock

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Puasa Syawal adalah puasa sunah yang dilakukan setelah bulan Ramadan. Seperti namanya, puasa tersebut dilakukan di bulan Syawal. Puasa Syawal dilakukan selama enam hari berturut-turut atau bisa juga dilakukan secara tidak berurutan di bulan Syawal.

Puasa Syawal memiliki banyak manfaat baik untuk tubuh dan jiwa. Salah satu manfaatnya adalah membersihkan tubuh dari racun yang terakumulasi selama bulan Ramadan. Selama Ramadan, kita terbiasa makan dan minum dalam jumlah terbatas, sehingga tubuh dapat membentuk racun. Puasa Syawal membantu membersihkan tubuh dari racun tersebut dan membuat tubuh lebih sehat.

Puasa syawal juga dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW. Dalam hadis yang diriwayatkan oleh Muslim, Rasulullah bersabda bahwa siapa saja yang berpuasa Ramadan kemudian dilanjutkan dengan enam hari dari Syawal, maka seperti pahala berpuasa setahun.

Bukan cuma itu, ada sederet keutamaan puasa syawal dikutip dari laman nu.or.id

1. Pahala Puasa Satu Tahun

Dalam Alquran, sebagaimana dijelaskan dalam surah Al-An’am ayat 160 bahwa setiap satu amal ibadah akan dibalas pahala sepuluh kali lipatnya. Mengacu pada hal tersebut, maka satu bulan puasa Ramadan dikali 10 sama dengan 10 bulan, kemudian 6 hari puasa Syawal dikali 10 sama dengan 2 bulan, sehingga 10 bulan ditambah dengan 2 bulan sama dengan 12 bulan.

2. Penyempurna Puasa Ramadan

Baca Juga:

Sebagaimana salat sunah rawatib yang merupakan penyempurna shalat fardhu, puasa Syawal juga menjadi penyempurna puasa Ramadan yang merupakan ibadah wajib umat Islam.

3. Tanda Diterimanya Puasa Ramadan

Tumbuhnya sikap konsisten dari dalam jiwa merupakan salah satu ciri-ciri diterimanya amal ibadah. Melakukan puasa sunah Syawal atas dorongan diri sendiri merupakan ciri diterimanya puasa Ramadan seseorang.

4. Menjaga Konsistensi Ibadah

Seusai bulan Ramadan, biasanya banyak ibadah yang dilakukan selama bulan Ramadan menjadi terputus. Dengan menjalankan puasa sunnah Syawal, maka hal tersebut dapat dilihat sebagai suatu konsistensi dalam menjaga ibadah.

5. Sebagai Tanda Syukur

Melakukan puasa Syawal merupakan tanda syukur seorang hamba terhadap rezeki yang telah diberikan selama bulan Ramadan. Hal tersebut sejalan dengan hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari, dalam hadits tersebut Rasulullah bersabda bahwa siapa saja yang berpuasa Ramadan dengan dasar iman dan berharap pahala serta ridha Allah, maka dosanya yang lalu akan diampuni.

Dalam menjalankan puasa Syawal, kita juga dapat memperkuat silaturahmi dengan keluarga dan teman-teman. Kita dapat mengajak keluarga atau teman-teman untuk berbuka puasa bersama dan memperkuat hubungan antar sesama. Dengan begitu, kita dapat mempererat hubungan sosial dan membangun kebersamaan yang baik di antara sesama muslim. 

Pilihan Editor: Manfaat Puasa Syawal, Tingkatkan Imunitas dan Kontrol Gula Darah

RENO EZA MAHENDRA | ZAKAT.OR.ID | NU.OR.ID 

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."