6 Tanda Kamu Harus Mengakhiri Pertemanan, Kepercayaan Dikhianati hingga Penuh Drama

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi perempuan berbincang dengan temannya di luar ruangan. Foto: Pixabay/NickyPe

Ilustrasi perempuan berbincang dengan temannya di luar ruangan. Foto: Pixabay/NickyPe

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Apakah kamu merasa pertemanan tidak lagi sama seperti dulu? Apakah kamu tidak lagi terhubung dengan teman seperti sebelumnya? Jika perasaan tidak nyaman dan tidak pasti tentang pertemanan telah mengganggu selama beberapa waktu, ini mungkin tanda kamu harus mengakhiri pertemanan.

Tidak semua hal bertahan selamanya, demikian pula pertemanan. Mempertahankan pertemanan yang  telah usang tidak masuk akal karena hanya akan semakin menghancurkan kamu dan teman kamu.

Berikut beberapa tanda kamu harus mengakhiri pertemanan.

1. Bertepuk Sebelah Tangan

Tak cuma cinta, pertemanan pun bisa bertepuk sebelah tangan. Bila kamu terus-menerus merasa bahwa kamu yang terus berusaha menjaga pertemanan tetap hidup, maka itu tanda bertepuk sebelah tangan alias sayang sepihak. Jika teman kamu tidak memberikan usaha yang sama seperti kamu, maka itu tidak sepadan.

2. Kepercayaan Dikhianati

Kepercayaan adalah hal yang sangat sensitif. Sekali rusak, tidak dapat diperbaiki dengan mudah. Jika teman kamu telah melakukan sesuatu yang merusak kepercayaan dan membuat kamu merasa sangat kecewa tanpa banyak penyesalan, maka teman kamu jelas tidak peduli dengan apa yang kamu pikirkan.

3. Terlalu Negatif

Berada di sekitar seseorang yang terlalu pesimis dan negatif bisa sangat berbahaya bagi kesehatan mental. Jika teman kamu selalu berpikir negatif dan juga mengaburkan pikiran kamu dengan pikiran yang sama, sebaiknya menjauhlah dari orang-orang semacam itu, demi kesehatan mental kamu.

4. Tidak Ada Bahan Obrolan

Kamu mungkin acapkali menemukan momen tidak banyak yang bisa dibicarakan di antara kalian berdua. Keheningan dan kecanggungan bisa terlalu berat untuk ditangani setelah suatu saat. Bahkan setelah beberapa kali mencoba membangun obrolan, jika masih tidak banyak yang bisa dibicarakan, lebih baik akhiri saja pertemanan itu.

5. Penuh Drama

Terus-menerus berada di sekitar seseorang yang mengundang drama ke dalam kehidupan mereka dan orang-orang terdekatnya, dapat melelahkan secara mental. Ketika orang-orang ini memilih drama, mau tidak mau mereka mengundang masalah ke dalam hidup mereka dan ini juga mempengaruhi orang-orang di sekitar mereka. Jadi, bukanlah ide yang baik untuk berteman dengan orang yang menyukai kekacauan.

6. Mengabaikan Kekhawatiran Kamu

Teman adalah salah satu tempat kamu berbagi kekhawatiran tanpa merasa dihakimi atau diabaikan. Jika mengabaikan kekhawatiran kamu, menyebutnya sebagai 'tidak ada yang benar-benar penting', bahkan merendahkan kamu, itu tanda kamu harus mengakhiri pertemanan.

Sama seperti hubungan asmara yang kandas, pertemanan berakhir bisa kebaikan untuk kamu dan teman kamu.

TIMES OF INDIA

Baca juga: 10 Tanda Toxic Friendship dan Cara Mengatasinya

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."