Inspirasi Baju Lebaran di Ramadan Runway 2023, dari Detail Payet, Kaya Motif hingga Monokrom

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Sejumlah baju lebaran dipamerkan model dalam gelaran Ramadan Runway 2023 yang diselenggarakan APPMI di Mal Kota Kasablanka, pada Jumat, 14 April 2023. Foto: TEMPO/Mila Novita

Sejumlah baju lebaran dipamerkan model dalam gelaran Ramadan Runway 2023 yang diselenggarakan APPMI di Mal Kota Kasablanka, pada Jumat, 14 April 2023. Foto: TEMPO/Mila Novita

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Asosiasi Pengusaha dan Perancang Mode Indonesia (APPMI) dan Mal Kota Kasablanka kembali menggelar Ramadan Runway 2023 pada 12 hingga 30 April 2023. Mengusung tema Dazzling Mubarak, peragaan busana yang menjadi rangkaian dari Ramadan Runway 2023 ini menyuguhkan puluhan baju lebaran dari sejumlah desainer dan usaha kecil mikro menengah (UMKM). 

Menurut Ketua Umum APPMI, Poppy Dharsono, melalui Ramadan Runway, para desainer dan UMKM bisa terus mengeksplorasi kreasi-kreasinya sekaligus tes selera pasar.

“Mudah-mudahan dengan Ramadan Runway, kita dapat mewujudkan Indonesia sebagai pusat modest fashion dunia. Sudah selayaknya kita mewujudkannya sebagai salah satu populasi muslim terbanyak di dunia,” katanya dalam konferensi pers di panggung acara di Grand Atrium Kota Kasablanka, pada Jumat, 14 April 2023.

Sementara itu, menurut Ketua Panitia Ramadan Runway 2023, Dana Duriyatna, gelaran ke-11 ini diramaikan oleh 84 tenant dari merek fashion modest. “Ada 84 tenant dan 90 persen desainer Indonesia dan pelaku UMKM di seluruh Indonesia," jelas Dana. 

Deretan baju Lebaran Ramadan Runway 2023 yang digelar APPMI di Mal Kota Kasablanka, 12-30 April 2023

Direktur Kota Kasablanka, Lusiana mengatakan bahwa penyelenggaraan tahun ini agak berbeda karena selama pandemi Covid-19, acara ini diadakan secara hibrida yang menggabungkan belanja online dan offline.

“Saat Covid, mal tutup, kita bikin gimmick (pembeli) mau apa, kita yang belanjain. Setelah dua tahun Covid, kini animo masyarakat luar biasa karena namanya makhluk sosial, harus bertemu dan berkumpul, harus pegang kalau beli baju. Sekarang traffic-nya lebih tinggi dari 2019 sebelum Covid,” tuturnya.

Baca juga: 3 Inspirasi Baju Lebaran Nuansa Pastel yang Manis ala Cut Syifa

Detail Koleksi Show Pertama Ramadan Runway 2023

Peragaan busana yang dimulai pada 14 April menampilkan karya dari 20 desainer, di antaranya Al Syarif, Ariy Arka, Ayu Dyah Andari, Chintami Atmanegara, Dana Duriyatna, Defrico Audy, Erdan, Itang Yunasz, Ivan Gunawan, Kunce Manduapessy, L by LCB, Leny Rafael, Ria Miranda, RRYNI House x Rita Batik, Si.Se.Sa, dan banyak lagi.

Masing-masing desainer menampilkan dua busana kreasinya. Busana rancangan Ariy Arka menjadi pembuka peragaan busana. Dua gaun maksi berwarna cerah, yakni hijau sage dan kuning, itu memiliki detail pita, lengan ruffle, dan plisket.

Deretan baju Lebaran dalam gelaran Ramadan Runway 2023 di Mal Kota Kasablanka, pada Jumat, 14 April 2023. Foto: CANTIKA/Silvy Riana Putri

Sementara itu, Dana Duriyatna menawarkan busana serba putih dengan bordir bunga dan dedaunan. Tak cuma gaun, Dana menawarkan setelan serta luaran atau outer.

Selanjutnya, dua busana koleksi Erdan menawarkan busana lebaran berkilau dengan pilihan bahan mengilap serta dihiasi payet emas.

Untuk penggemar busana berbahan brokat, Kunce Manduapessy menawarkan dua busana berwarna putih dan hijau zaitun. Busana tersebut dirancang dengan blus panjang sebagai atasan dipadu dengan celana panjang plisket.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."