Manfaat Kaviar untuk Perawatan Kulit, Melembapkan hingga Meningkatkan Produksi Kolagen

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi kaviar. Foto: Freepik.com/Stockking

Ilustrasi kaviar. Foto: Freepik.com/Stockking

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Kaviar tak hanya diperuntukkan dalam hidangan kelas atas, tapi juga telah masuk ke dalam daftar bahan penting dalam dunia kecantikan. Sarat akan vitamin, mineral, dan antioksidan, kaviar adalah bahan yang sangat baik untuk menutrisi dan melindungi kulit. Lantas, apa saja manfaat kaviar untuk perawatan kulit? Yuk, kita ketahui bersama.

Menurut dokter kulit bersertifikat, Cameron Rokhsar, manfaat kaviar dalam perawatan kulit meliputi memperbaiki tekstur kulit, melindungi kulit dari sinar ultraviolet (UV), mencegah kerusakan elastin, meningkatkan produksi kolagen, hingga mengurangi peradangan.

"Kaviar kaya akan asam lemak omega-3, vitamin D, dan B12. Kandungan tersebut merupakan antioksidan alami dan memiliki efek menenangkan," ujar ahli kimia kosmetik, Ginger King, dikutip dari Well+Good pada Senin, 10 April 2023.

Ekstrak kaviar juga mengandung antioksidan yang dapat melindungi dari sinar UVA dan UVB yang berbahaya, membantu meminimalkan kerutan, dan mengencangkan kulit, menurut Dr. Rokhsar.

Sementara itu, ahli kecantikan dan estetika bersertifikat, Valerie Aparovich, menambahkan bahwa kaviar sangat bermanfaat bagi mereka yang mengalami masalah kulit kering dan dehidrasi. "Sifat kaviar yang menghidrasi dan menutrisi dapat membantu mengembalikan tingkat kelembapan pada kulit dan meningkatkan fungsi pelindung kulit yang sehat," ucapnya.

Selain itu, penelitian telah menunjukkan bahwa ekstrak kaviar dapat meningkatkan produksi kolagen dalam sel fibroblast dan meningkatkan produksi ceramide dalam sel kulit epidermis, yang dapat meningkatkan fungsi penghalang kulit dan mengunci kelembapan. Meskipun penelitian lebih lanjut diperlukan, penelitian awal menunjukkan bahwa kaviar dapat merangsang sel-sel lemak di kulit, yang dapat memiliki manfaat potensial untuk kesehatan kulit secara keseluruhan.

Bahan-bahan Terbaik yang Dipadukan dengan Kaviar

Efektivitas menggabungkan kaviar dengan bahan perawatan kulit lainnya sangat bergantung pada jenis, kebutuhan, dan masalah kulit masing-masing. Namun, diketahui bahwa asam hialuronat, retinol, dan vitamin C bekerja dengan baik jika dipadukan dengan kaviar untuk meningkatkan manfaatnya.

Asam hialuronat dan retinol sangat efektif jika dipasangkan dengan ekstrak kaviar untuk tujuan anti-penuaan. "Asam hialuronat adalah pelembap yang baik untuk melembapkan dan menghaluskan kulit, sedangkan retinol meningkatkan produksi kolagen dan memperbaiki tekstur kulit. Bersama-sama, keduanya melengkapi manfaat ekstrak kaviar dan memberikan efek anti-penuaan yang lebih besar," kata Dr. Rokhsar.

Selain itu, vitamin C adalah antioksidan kuat dan jika dikombinasikan dengan ekstrak kaviar, dapat membantu melindungi kulit dari radikal bebas dan memperkuat daya lindung kulit terhadap iritasi akibat lingkungan.

"Menggunakan vitamin C dan kaviar secara bersamaan juga akan meningkatkan efek mencerahkan dari produk perawatan kulit kalian," jelas Aparovich.

Yang Disarankan Memakai Kaviar untuk Merawat Kulit

Produk perawatan kulit berbasis kaviar pada umumnya direkomendasikan untuk individu dengan kulit yang kering maupun kulit kemerahan. " Hal ini karena ekstrak kaviar diketahui dapat memberikan nutrisi yang kuat secara langsung pada tingkat sel kulit, sehingga membuatnya menjadi pilihan yang sangat baik bagi mereka yang ingin membalikkan tanda-tanda penuaan," kata Dr. Rokhsar.

Yang Harus Menghindari Memakai Kaviar untuk Merawat Kulit

Menurut dokter kulit bersertifikat, Elaine F. Kung, krim dan balsem yang mengandung ekstrak kaviar biasanya diformulasikan untuk kulit yang sudah matang dan kering, dan mungkin tidak cocok untuk orang yang memiliki kulit berminyak atau berjerawat.

Sebaliknya, mereka harus memilih produk perawatan kulit yang ringan, bebas minyak, non-komedogenik, dan dirancang khusus untuk kulit berminyak atau berjerawat. 

Penting untuk dicatat bahwa orang dengan alergi makanan laut juga harus menghindari produk perawatan kulit berbahan dasar kaviar karena dapat menyebabkan reaksi alergi pada tubuh dan kulit akibat ekstraknya yang berasal dari telur ikan. Seperti biasa, ingatlah untuk melakukan uji coba produk baru pada area kecil di kulit untuk memastikan bahwa produk tersebut aman untuk digunakan.

Pilihan Editor: Bukan Lagi Jerawat, Perempuan Indonesia Makin Sering Keluhkan Masalah Kulit Sensitif 

WIDYA FITRIANINGSIH | WELL+GOOD

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."