5 Fakta Menarik Fashion Show Pertama Dior di India

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Dior mengubah Gateway of India di Mumbai menjadi runway untuk peragaan busana pertamanya di India pada Kamis, 30 Maret 2023 (tangkapan layar YouTube)

Dior mengubah Gateway of India di Mumbai menjadi runway untuk peragaan busana pertamanya di India pada Kamis, 30 Maret 2023 (tangkapan layar YouTube)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Pada akhir Maret silam, tepatnya 30 Maret 2023, rumah mode Dior untuk kali pertama menghelat peragaan busana atau fashion show di India. Di fashion show tersebut, Dior memamerkan 99 busana koleksi pra-musim gugur atau pre-fall collection 2023. Acara fashion show Dior ini merupakan terobosan baru bagi fashion di India agar semakin dikenal oleh masyarakat dunia.

Berikut sederet fakta menarik fashion show pertama Dior

1. Lokasi Fashion Show di Monumen Bersejarah 

    Fashion show Dior digelar di tempat bersejarah, Gateway of India, Mumbai, India. Situs warisan tersebut merupakan  sebuah monumen yang dibangun oleh Inggris pada awal abad ke-20. Beratapkan langit, Dior menyulap area di sekitar monumen Gateway of India dengan dekorasi tradisional India.

    2. Bekerja Sama dengan Sekolah Kerajinan Chanakya International

    Dalam hal detail bordir dan payet, direktur kreatif, Maria Grazia Chiuri, bekerja sama dengan Chanakya International. Maria diketahui telah bekerja sama dengan sekolah seni dan kerajinan yang berbasis di Mumbai itu selama lebih dari 20 tahun atau dua dekade. Sebagian besar pekerjaan menyulam yang terlihat pada koleksi rumah mode terkemuka seperti Dior atau Gucci dibuat di Mumbai, tetapi tidak banyak yang menyadarinya.

    Dari kerja samanya dengan Chanakya, Maria mengaku belajar banyak tentang teknik bordir India.

    "Melalui hubungan dengan Chanakya inilah saya dapat belajar banyak tentang teknik bordir artisanal, yang masih ditemukan di setiap wilayah India, dan kemampuan unik dari Chanakya Atelier untuk berdialog dengan industri mode," ungkapnya di Instagram pada 14 Maret 2023.

    Komitmen dan ketekunan perempuan di sekolah Chanakya juga menjadi pemantik Chiuri menggelar fashion show di India. Sepertinya Chiuri ingin mereka lebih dikenal di mata dunia dan bagian dari gerakan pemberdayaan perempuan atau empowerment women.

    Iklan

    Berita Terkait

    Rekomendasi Artikel

    "Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."