Tips Supaya Tidur Malam Lelap dan Badan Segar Saat Bangun Besok Pagi

Ilustrasi wanita tidur. Freepik.com/Tirachardz

kesehatan

Tips Supaya Tidur Malam Lelap dan Badan Segar Saat Bangun Besok Pagi

Senin, 14 September 2020 20:35 WIB
Reporter : Sehatq.com Editor : Rini Kustiani

CANTIKA.COM, Jakarta - Tidur malam penting untuk kesehatan. Tak hanya durasi tidur, kualitas tidur juga mempengaruhi baik tidaknya tidur Anda.

Khusus untuk tidur malam, ada beberapa hal yang dapat dilakukan supaya lebih lelap dan saat bangun tidur besok pagi badan terasa segar.

Mengutip laman Sehatq, ada beberapa hal yang dapat dilakukan agar tidur malam dapat menebus lelah seharian dan menyambut hari esok dengan semangat:

  1. Membuat jadwal tidur

    Usahakan tidur dan bangun di jam yang sama, tak terkecuali pada akhir pekan. Dengan begitu, siklus tidurmu lebih teratur dan jam biologis akan menyesuaikan dengan sendirinya.

  2. Hindari gangguan tidur

    Ada beberapa hal yang harus dihindari sebelum tidur. Jangan mengoperasikan gadget, tidak mengkonsumsi minuman yang mengandung kafein, seperti cokelat, kopi, teh, hindari merokok minum minuman beralkohol sebelum tidur.

  3. Buat suasana tidur yang nyaman

    Buatlah suasana tidur yang nyaman sesuai dengan kebutuhan. Misalkan mengatur suhu penyejuk udara yang tidak terlaul dingin namun juga tidak membuat gerah, menggunakan aroma terapi, mematikan lampu, dan tidak menyalakan alarm. Jika jam biologis sudah tertata dengan baik, maka tubuh akan tahu kapan harus tidur dan bangun.

  4. Olahraga

    Olahraga yang rutin akan membuat tubuh menyesuaikan diri dengan kebutuhan istirahat, selain dari aktivitas sehari-hari lainnya. Namun jangan memaksakan olahraga yang berat demi mendapatkan tidur yang lelap. Itu pemahaman yang keliru.

  5. Hindari stress

    Lepaskan segala peristiwa yang terjadi hari ini dan masalah yang akan dihadapi besok. Beri waktu bagi tubuh untuk beristirahat karena itu demi kesehatan diri. Berpikir terlalu berat apalagi sampai stress akan membuat orang susah tidur. Pada akhirnya, masalah belum tentu selesai dan tidak bisa berpikir jernih karena tubuh sudah terlalu letih.

SEHATQ