Tips Memilih Warna Eyeshadow Sesuai Tone Kulit, Jangan Ragu Bereksperimen

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Eyeshadow Brush. boldsky.com

Eyeshadow Brush. boldsky.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Salah satu hal yang membuat riasan mata, terutama eyeshadow begitu menarik adalah bereksperimen dengan produk dan warna baru-sesungguhnya, ada aturan yang baku dan tidak baku.  Seperti halnya memilih pakaian, indikator terbesar untuk menentukan warna eyeshadow yang paling cocok untuk kita-menurut para penata rias-adalah warna kulit. 

"Sama seperti setiap orang membutuhkan kaus dan celana jeans yang bagus, setiap orang membutuhkan warna eyeshadow yang idealnya beberapa tingkat lebih terang dari warna kulit mereka untuk menyoroti alis dan kelopak mata mereka, serta warna yang lebih dalam yang bisa digunakan untuk menambahkan drama pada (atau mendandani) sudut luar mata dan smudge liner," jelas Andrew Sotomayor, penata rias selebriti yang berbasis di New York.

Jika kalian sedang mencari inspirasi warna eyeshadow, berikut ini Sotomayor menjelaskan beberapa warna, produk, dan teknik yang ia andalkan untuk menciptakan tampilan yang sesuai dengan warna kulit. Ia juga menyarankan agar jangan takut bereksperimen. 

Tips Memilih Warna Eyeshadow  

1. Warna Kulit Terang 

Ketika membahas mengenai eyeshadow pada kulit yang cerah, sedikit warna lebih baik. Warna pigmen yang mencolok dapat memberikan pengaruh yang besar, sehingga pilihlah warna-warna yang lembut, seperti kelabu tua, sampanye, atau plum lembut. Hindari warna-warna yang sangat berpigmen atau sangat gelap karena dapat terlihat mencolok dan berlebihan-saat membentuk mata kalian, pilihlah warna yang hanya beberapa tingkat lebih gelap dari warna kulit kalian. Sebaiknya hindari warna merah dan merah muda (yang dapat membuat mata tampak lelah atau sakit) dan warna abu-abu (yang dapat memberikan kesan memar).

"Nuansa krem (seperti latte) sangat bagus untuk kelopak mata karena dapat menyembunyikan kemerahan, sekaligus menambah kecerahan," kata Sotomayor. "Untuk tampilan yang alami, warna gading, tulang, dan kulit telur berguna untuk membangunkan dan menegaskan tulang alis dengan warna yang terang dan merata."

2. Warna Kulit Medium

Anggaplah diri kalian diberkati, secara umum, warna-warna yang hangat dan berkilau yang memiliki hasil akhir berpigmen serta metalik adalah pilihan terbaik untuk kulit medium. "Rose gold sangat bagus untuk kelopak mata karena dapat dipakai pada siang hari dan kemudian didandani dengan eyeliner gelap atau bibir yang tegas pada malam hari," katanya.

Tidak ada banyak warna yang harus dihindari, meskipun warna cokelat matte dan ungu muda yang terlalu mirip dengan warna kulit dapat memberikan tampilan yang pudar. Untuk pembentukan kontur, Sotomayor menyarankan untuk menggunakan warna medium bronze (seperti uang logam tua) yang beberapa tingkat lebih gelap dari warna kulit kalian. "Aplikasikan pada sudut luar mata dan sapukan di atas liner hitam untuk efek yang lebih lembut."

Mendapatkan Tampilan: Pertimbangkan Clean Color Eyeshadows dari Covergirl untuk menciptakan dimensi dengan mudah. "Ini adalah formula vegan yang umumnya hadir dengan dua warna medium dan dua warna gelap untuk dipadupadankan. Saya terutama menyukai Golden Toffee untuk warna medium," kata Sotomayor.

3. Warna Kulit Gelap

Ketika berbicara tentang memperkuat warna kulit yang dalam dan gelap, sebaiknya gunakan warna yang menonjol. "Jangan takut untuk menciptakan kontras. Pilihlah eyeshadow yang menyerupai cara kulit wajah memancarkan cahaya pada tulang pipi pada hari yang cerah," saran Sotomayor. "Saya juga suka menambahkan warna emas atau tembaga 24 karat pada kelopak mata dan menggunakan eyeshadow berwarna espresso gelap, plum, atau hitam untuk menyapukan liner untuk dampak yang lebih tinggi."

Nuansa hijau dan biru yang cerah dan sejuk dapat terlihat sangat bagus, tetapi jika kamu lebih suka yang netral, Sotomayor suka menggunakan warna tembaga, perunggu, dan nuansa musim gugur yang hangat. Sebaiknya hindari eyeshadow dengan warna abu atau putih, yang dapat terlihat kusam atau tidak terlihat pada kulit gelap.

Sotomayor menyarankan untuk mencoba Mented Everyday Shadow Palette untuk menciptakan tampilan riasan inti pada kulit gelap. "Palet ini memiliki semua hal penting, dan ada beberapa warna yang hampir mirip sehingga kalian tidak akan kehabisan warna yang paling penting."

Pilihan Editor: Rossa Gandeng Bubah Alfian Rilis Eyeshadow dan Two Way Cake, Inspirasi Kulit Wanita Indonesia

WIDYA FITRIANINGSIH | REAL SIMPLE 

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."