Faktor Penderita Endometriosis Sulit Hamil dan Perawatan yang Disarankan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Harapan Baru Penderita Endometriosis

Harapan Baru Penderita Endometriosis

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Penderita endometriosis bisa hamil? Jawabannya bisa sesuai penanganan yang tepat dari ahli. Sebelum sampai ke sana, kita segarkan dulu ingatan bersama apa itu endometriosis.

Endometriosis adalah suatu kondisi kesehatan di mana jaringan yang mirip dengan lapisan rahim tumbuh pada luar rahim, sering kali tumbuh pada ovarium, saluran tuba atau struktur panggul lainnya. Kondisi ini memengaruhi sekitar 10 persen wanita pada usia reproduksi, dan dapat menyebabkan rasa sakit yang parah serta ketidaksuburan.

Salah satu aspek yang paling menantang dari endometriosis adalah dampaknya terhadap kesuburan. Diperkirakan hingga 50 persen penderit endometriosis sulit hamil. Namun, dengan mendapatkan penanganan yang tepat, banyak wanita dengan endometriosis yang berhasil untuk hamil dan melahirkan anak yang sehat sampai usia kehamilan yang ditentukan.

Faktor Penderita Endometriosis Sulit Hamil

Berikut sederet faktor penderita endometriosis sulit hamil menurut Dr. Ruchi Bhandari, konsultan ginekolog, spesialis infertilitas dan ginekolog kosmetik di Mishka IVF Centre, India, seperti dikutip dari Hindustan Times, pada Selasa, 21 Maret 2023.

1. Perlengketan atau Jaringan Parut

Endometriosis dapat menyebabkan terbentuknya perlengketan atau jaringan parut. Hal tersebut bisa mengganggu fungsi organ reproduksi, sehingga membuat sel telur lebih sulit untuk melakukan perjalanan dari ovarium ke rahim atau bagi sperma untuk mencapai sel telur.

2. Peradangan

Seperti kita ketahui bersama endometriosis bisa menyebabkan peradangan, yang membahayakan kualitas sel telur atau mengganggu implantasi. Hal ini juga dapat memengaruhi keseimbangan hormon dalam tubuh, mengganggu tarian hormon yang diperlukan untuk ovulasi dan kehamilan.

3. Masalah Kesehatan Tertentu

Beberapa wanita dengan endometriosis mungkin memiliki kondisi yang tidak terdiagnosis yang semakin memperumit kesuburan, seperti sindrom ovarium polikistik (PCOS) atau fibroid rahim.

Baca juga: Endometriosis, Si Penyebab Nyeri Hebat Saat Menstruasi

Halaman selanjutnya membahas perawatan yang disarankan agar wanita dengan endometriosis bisa memiliki keturunan.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."