Faktor Penderita Endometriosis Sulit Hamil dan Perawatan yang Disarankan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Harapan Baru Penderita Endometriosis

Harapan Baru Penderita Endometriosis

IKLAN

Perawatan agar Penderita Endometriosis Bisa Hamil

Kabar baiknya adalah ada beberapa perawatan yang dapat membantu wanita dengan endometriosis untuk hamil. Tindakan terbaik akan tergantung pada gejala masing-masing wanita, tingkat keparahan endometriosis, dan faktor lainnya.

Dokter Bhandari menyarankan pilihan perawatan tergantung pada tingkat keparahan dan juga faktor lainnya.

1. Operasi 

Dalam beberapa kasus, operasi mungkin diperlukan untuk mengangkat jaringan endometrium atau adhesi. Hal ini dapat membantu meningkatkan kesuburan dengan mengurangi hambatan fisik untuk pembuahan. Namun, pembedahan tidak selalu efektif, dan juga dapat membawa risiko seperti infeksi, pendarahan, atau kerusakan pada organ reproduksi.

2. Terapi Hormonal

Terapi hormonal, seperti pil KB, dapat membantu mengatur siklus menstruasi dan mengurangi keparahan gejala endometriosis. Terapi ini juga dapat membantu meningkatkan kesuburan dengan meningkatkan ovulasi.

Namun, terapi ini mungkin tidak efektif untuk semua wanita dengan endometriosis, dan dapat menyebabkan efek samping seperti penambahan berat badan, perubahan suasana hati, atau penurunan libido.

3. Fertilisasi In Vitro (IVF)

Untuk wanita dengan endometriosis berat atau masalah kesuburan lainnya, program bayi tabung atau IVF mungkin merupakan pilihan terbaik. Ini melibatkan pengambilan sel telur dari indung telur, pembuahan dengan sperma di laboratorium, dan kemudian memindahkan embrio yang dihasilkan ke dalam rahim.

IVF bisa jadi mahal, dan mungkin tidak berhasil pada setiap kasus, tetapi telah membantu banyak wanita dengan endometriosis untuk hamil.

4. Perubahan Gaya Hidup

Ada juga beberapa perubahan gaya hidup yang dapat membantu meningkatkan kesuburan penderita endometriosis. Hal ini termasuk menjaga berat badan yang sehat, berolahraga yang cukup, mengurangi stres, dan menghindari merokok serta konsumsi alkohol yang berlebihan.

Pilihan Editor: 8 Pola Makan untuk Penderita Endometriosis, Rendah Gula hingga Tinggi Omega-3

WIDYA FITRIANINGSIH | HINDUSTAN TIMES

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Halaman

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."