Iritasi Mata, Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi mata. Pixabay.com

Ilustrasi mata. Pixabay.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Iritasi mata dapat disebabkan beragam faktor termasuk polusi udara dan debu, paparan yang terlalu lama terhadap gawai, hingga alergi musiman. Menurut Dr Sandeep Buttan, Pemimpin Teknis di Kesehatan Mata dan Penguatan Sistem Kesehatan di Sightsavers India, iritasi mata mungkin tidak memengaruhi penglihatan, namun secara signifikan dapat memengaruhi aktivitas sehari-hari dan kualitas hidup.

Contohnya kondisi tersebut menyebabkan mata berair, gatal, sering berkedip, tidak menyukai cahaya, dan kesulitan dalam bekerja di depan komputer atau mengemudi. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui penyebab dan cara mengatasi iritasi mata.

Penyebab Iritasi Mata

Menurut Dr Buttan, salah satu penyebab utama iritasi mata adalah polusi udara dan debu, yang telah menjadi masalah yang signifikan di sebagian besar kota.

"Orang-orang yang tinggal di daerah berpolusi memiliki risiko lebih tinggi terkena iritasi mata karena polutan berbahaya di udara. Mengurangi paparan terhadap lingkungan yang kering dan berdebu serta memakai kacamata pelindung dapat membantu meringankan gejala," jelasnya dikutip dari laman Hindustan Times, pada Minggu, 19 Maret 2023.

Terlalu lama di depan gawai juga termasuk penyebab iritasi mata. Orang yang bekerja berjam-jam di depan komputer atau layar gawai lainnya memiliki risiko lebih tinggi mengalami ketegangan mata digital, yang menyebabkan gejala seperti mata lelah, mata kering, sakit kepala, dan penglihatan kabur.

Untuk mengatasinya, disarankan untuk menjaga jarak yang tepat dari layar, sering beristirahat, berkedip secara sadar, dan memakai kacamata anti-silau.

Menyoroti bahwa alergi musiman juga dapat menyebabkan mata teriritasi, yang menyebabkan mata berair, gatal, dan sensitif terhadap cahaya, Dr Sandeep Buttan menyarankan menghindari alergen, tetap terhidrasi, mengonsumsi buah-buahan segar, dan mencuci mata serta wajah dengan air bersih untuk membantu meringankan gejala.

Cara Mengatasi Iritasi Mata

Jika gejala iritasi mata terus berlanjut, yang terbaik adalah berkonsultasi dengan penyedia layanan kesehatan mata untuk mendapatkan pemeriksaan lengkap dan resep pengganti air mata yang sesuai dan obat anti-alergen.

Berikut cara mengatasi iritasi mata menurut Dr. Soumya Sharma, Konsultan Senior di Sharp Sight Eye Hospitals, India.

1. Gunakan air mata buatan yang dijual bebas. Obat tetes mata ini dapat meredakan iritasi dan menghilangkan alergen dari mata. Gunakan hingga empat kali sehari. Jika kamu lebih sering menggunakan air mata buatan, kamu harus membeli air mata buatan yang bebas pengawet.

2. Gunakan obat tetes mata antihistamin yang dijual bebas, terutama jika kamu rentan terhadap alergi musiman. Obat tetes ini membantu meredakan rasa gatal.

3. Lakukan senam mata sederhana setiap hari untuk menjaga kekuatan otot di dalam dan di sekitar mata kamu. Berolahraga juga dapat meredakan stres.

Baca juga: Mata Lelah Bisa Bikin Sakit Kepala, Terapkan Aturan 20-20-20

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."