5 Cara Menghadapi Orang yang Menyebalkan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi teman wanita. Unsplash/Trung Thanh

Ilustrasi teman wanita. Unsplash/Trung Thanh

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Di setiap hubungan baik di lingkungan kerja, pertemanan, tetangga hingga keluarga besar, pasti ada orang yang menyebalkan. Tentu, kita tidak dapat menyingkirkan mereka begitu saja karena mereka punya hak bersosialisasi yang sama seperti kita. Maka dari itu, perlu kita ketahui bersama cara menghadapi orang yang menyebalkan agar dapat hidup berdampingan tanpa saling melanggar batasan. 

1. Menerapkan Batasan

Jika perilaku orang yang menyebalkan itu membuat kamu merasa terganggu, penting untuk mengomunikasikan batasan-batasan yang kamu miliki dengan jelas. Beri tahu mereka hal-hal yang menurut kamu tidak dapat diterima dan jelaskan konsekuensinya jika mereka terus melakukannya.

Kamu tidak perlu bersikap kasar. Cukup duduk dan katakan kepada mereka bahwa kamu ingin hidup berdampingan dengan damai, tetapi ada hal-hal tertentu yang tidak boleh dilakukan.

2. Menghindari Pembicaraan Sensitif

Jika kamu tahu bahwa topik atau situasi tertentu akan membuat orang yang menyebalkan itu tersinggung, cobalah untuk menghindarinya. Misalnya, jika dia selalu berdebat tentang politik, hindari mendiskusikan politik di sekitar mereka.

Jika mereka memancing obrolan sensitif itu, cukup tersenyum dan katakan bahwa kamu ada pekerjaan, bangun, dan pergi. Cara terbaik adalah tidak menanggapi sampai mereka sendiri yang menyerah.

3. Tetap Tenang

Sangat mudah untuk terpancing emosi saat berhadapan dengan orang yang menyebalkan, tetapi cobalah untuk tetap tenang. Tarik napas dalam-dalam atau pergilah selama beberapa menit untuk menenangkan diri sebelum berinteraksi dengan mereka.

4. Cobalah Memahami Kemungkinan Masa Lalu

Terkadang, orang yang menyebalkan karena mereka sedang berjuang dengan sesuatu dalam kehidupan mereka sendiri. Cobalah untuk menempatkan diri kamu pada posisi mereka dan pahami dari mana mereka berasal. Ini adalah hal yang sulit, tetapi setelah kamu mencobanya, kamu akan tahu apa maksudnya.

5. Mintalah Bantuan

Jika situasinya menjadi terlalu sulit untuk ditangani sendiri, carilah dukungan dari anggota keluarga atau terapis. Memiliki seseorang untuk diajak bicara dapat membantu kamu memproses perasaan kamu dan mengembangkan strategi atau cara menghadapi orang yang menyebalkan.

Pilihan Editor: Kenali 4 Tanda Teman Iri dengan Kamu, Salah Satunya Sering Menyoroti Kegagalanmu

WIDYA FITRIANINGSIH | TIMES OF INDIA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."