Ramadan 2023, Saskara Rilis Mukena Bercorak Keindahan Bunga Kembang Sepatu

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Di bulan Ramadan 2023, brand Saskara hadirkan koleksi mukena nuansa Bali. Foto: Dok. Saskara

Di bulan Ramadan 2023, brand Saskara hadirkan koleksi mukena nuansa Bali. Foto: Dok. Saskara

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Jenama mode lokal, Saskara merilis mukena bertema Sembayang menyambut bulan suci Ramadan 2023. Ini merupakan koleksi seri Nusantara 4, sebelumnya ada Purak Barik, Kilau Mandalika, dan Werni.

Sembayang diambil dari kata sembahyang, secara etimologi merupakan gabungan dari kata sembah dan hyang, yang berarti menyembah kepada Tuhan yang Maha Kuasa. Di koleksi Sembayang, Saskara terinspirasi dari keindahan bunga khas dari salah satu kabupaten di pulau Dewata (Bali), yaitu bunga pucuk bang, atau yang lebih dikenal dengan nama bunga kembang sepatu.

Rangkaian gambar bunga kembang sepatu tak hanya menghiasi koleksi mukena tapi juga pouch dan sajadah wanita yang tertera pada delapan varian produk yaitu: Padma, Meta, Dayu, Galuh, Tara, Caya, Sanya, dan Hita.

Melalui padu padan warna dan bentuk dari bunga kembang sepatu, Saskara berusaha mengungkapkan pesan tersembunyi yang disimbolkan oleh kembang sepatu. Apa itu? Seperti kita ketahui bersama kembang sepatu memiliki beberapa warna, di mana setiap warnanya memiliki filosofi arti yang berbeda.

Detail mukena Saskara di Ramadan 2023 terinspirasi dari keindahan bunga khas dari salah satu kabupaten di pulau Dewata (Bali), yaitu bunga pucuk bang, atau lebih dikenal dengan nama bunga kembang sepatu. Foto: Dok. Saskara

Warna putih pada kembang sepatu melambangkan kemurnian, kecantikan dan keanggunan. Kembang yang berwarna kuning dikaitkan dengan kebahagiaan, dan keberuntungan. Kembang berwarna merah muda memiliki arti persahabatan dan bentuk ungkapan beragam perasaan cinta dan kasih sayang, sedangkan kembang sepatu berwarna merah melambangkan simbol cinta dan gairah.

Selain motif penuh makna, pemilihan kain untuk produk mukena Nusantara kali ini menggunakan jenis bahan ultra-fine velvet. Selain lembut dan halus, bahan tersebut tidak mudah kusut, dan sangat kecil saat dilipat. 

CEO Saskara, Andya Kartika, mengungkapkan, kenyamanan dalam beribadah selalu menjadi prioritas utama dalam tiap produk Saskara.

“Tak hanya indah dan bermakna, tiap karya SASKARA selalu bertujuan untuk meningkatkan nilai spiritual penggunanya,” imbuhnya dalam siaran pers yang diterima Cantika pada Senin, 20 Maret 2023.

Mukena koleksi Saskara di Ramadan 2023. Foto: Dok. Saskara

Sementara itu, COO SASKARA, Afif Kamal Fiska, menambahkan, dalam setiap koleksinya, Saskara selalu berkomitmen untuk mendukung industri lokal melalui kerja sama dengan para pelaku industri kreatif berskala UMKM untuk membuat produk yang berkualitas tinggi. Tidak hanya mempromosikan keindahan khas Bali melalui motif bunga kembang sepatu, tetapi Saskara juga membawa misi untuk memperkuat industri kreatif Indonesia secara keseluruhan.

Sejak berdiri pada tahun 2018, Saskara memiliki visi untuk mengangkat kebudayaan dan keindahan Nusantara melalui tiap karyanya. Saskara meyakini kekayaan dan pesona keindahan Indonesia perlu kembali diperkenalkan kepada dunia. Setelah Sembayang, Saskara berencana merilis Seri Nusantara lainnya yang mengangkat kebudayaan dan keindahan dari provinsi-provinsi lain di Indonesia.

Pilihan Editor: Sambut Ramadan, Brand Siti Khadijah Rilis Koleksi Mukena Simpel Bersulam Bordir

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."