Penderita Diabetes, Berikut Jenis Olahraga yang Cocok dan Perlu Dihindari

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita olahraga. Freepik.com/Senivpetro

Ilustrasi wanita olahraga. Freepik.com/Senivpetro

IKLAN

Olahraga yang Perlu Dihindari Penderita Diabetes

Meskipun Anda harus merasa relatif tidak dibatasi dalam pilihan olahraga jika diabetes Anda dikelola, Dr. Fruge mengatakan bahwa ada beberapa tindakan pencegahan untuk penderita diabetes yang memiliki kadar gula darah yang tidak terkontrol atau kondisi sisa lainnya dari penyakit tersebut.

“Adalah bijaksana untuk menghindari latihan isometrik yang tegang, intensitas tinggi, untuk penderita diabetes dengan gula darah yang tidak terkontrol, hipertensi yang tidak terkontrol, penyakit jantung sedang hingga berat, dan/atau komplikasi seperti neuropati perifer,” kata Dr. Fruge.

"Dan mereka yang menderita retinopati harus menghindari latihan yang melibatkan menundukkan kepala."

Tidak terlalu banyak jenis olahraga yang melibatkan menundukkan kepala, tetapi jika Anda menderita retinopati, komplikasi diabetes yang memengaruhi mata, Anda mungkin perlu mengambil tindakan pencegahan khusus dengan banyak inversi yoga atau peregangan, di mana Anda bergantung pada pinggul dan membungkuk (seperti lipatan ke depan). Latihan kekuatan seperti deadlift juga perlu dihindari.

Makanan sebelum Olahraga untuk Penderita Diabetes

Jika Anda menderita diabetes tipe 1, penting untuk mendapatkan bahan bakar yang tepat sebelum berolahraga dengan gizi yang tepat untuk membantu mengontrol pelepasan glukosa ke dalam aliran darah Anda.

“Diabetes tipe 1 harus mengonsumsi karbohidrat, seperti buah, oatmeal, atau ubi jalar, dipadukan dengan serat dari sayuran rendah pati, kacang-kacangan, atau protein untuk menjaga kestabilan gula darah terutama selama latihan kardiovaskular,” saran Dr. Fruge.

Dia juga menyarankan untuk menggunakan sistem pemantauan glukosa darah berkelanjutan teknologi yang dapat dipakai untuk membantu memandu rencana latihan Anda dan pengisian bahan bakar pra-latihan untuk mengoptimalkan keamanan dan efektivitas berolahraga dengan diabetes.

Untuk penderita diabetes tipe 2, Fruge menyebutkan asupan gizi yang sedikit berbeda dari diabetes tipe 1 sebelum latihan. 

“Diabetes tipe 2 bisa makan yang sama dengan diabetes tipe 1. Namun, jika terkontrol dengan baik dan tertarik untuk menurunkan berat badan, pilihan makanan sebelum latihan di antaranya sayuran rendah pati seperti seledri dengan wortel, mentimun, paprika, jicama, lobak, brokoli, dan kembang kol. Dan, hindari buah atau karbohidrat bertepung, ”saran Dr. Fudge.

Untuk latihan dengan intensitas lebih tinggi atau lebih lama, atau untuk penderita diabetes yang mengonsumsi obat hipoglikemik, seperti sulfonilurea atau insulin, disarankan menambahkan pati yang sehat untuk "bahan bakar" sebelum latihan.

Jika Anda penderita diabetes dan khawatir tentang berolahraga, sebaiknya berbicara dengan dokter atau ahli endokrin Anda untuk mendapatkan rekomendasi yang dipersonalisasi agar Anda dapat memulai rutinitas kebugaran yang sehat. 

Pilihan Editor: Menu Makanan Penderita Diabetes, dari Sarapan hingga Makan Malam

WELL+GOOD

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Halaman

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."