Menu Makanan Penderita Diabetes, dari Sarapan hingga Makan Malam

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi diabetes. Freepik.com

Ilustrasi diabetes. Freepik.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Apa yang dikonsumsi oleh penderita diabetes dapat memengaruhi peluang terjadinya komplikasi jangka panjang yang berkaitan dengan gangguan metabolisme ini. Kadar gula darah yang tidak terkendali dapat memicu penyakit kronis yang menganggu kualitas hidup seperti penyakit ginjal, gangguan saraf, penyakit jantung, masalah tiroid, masalah gigi dan bahkan amputasi.

Maka dari itu, penting bagi penderita diabetes menyusun menu makanan sehat untuk menjaga level gula darah normal.

"Seseorang dengan diabetes mungkin merasa sangat stres karena pengelolaan yang terus menerus dibutuhkan oleh kondisi kronis ini. Tetapi jika memiliki dokter dan pelatih kesehatan yang tepat untuk memandu dalam proses ini, hal ini dapat menjadi hal yang mudah," kata Sujata Sharma, edukator senior diabetes di BeatO, seperti dilansir Hindustan Times, pada 7 Maret 2023.

Seperti diketahui mengonsumsi makanan yang tepat sangat penting untuk menjaga kadar gula tetap dalam kisaran yang disarankan. Makanan yang dikonsumsi sebaiknya mengandung lebih sedikit karbohidrat dan lebih banyak serat.

"Penderita diabetes juga harus menghindari makanan yang digoreng dan makanan manis jika kamu ingin mencapai potensi kesehatan," tuturnya.

Sujata Sharma juga berbagi rencana menu makanan penderita diabetes di bawah ini. "Selain memanjakan lidah kamu, rencana diet ramah diabetes ini juga akan membantu menjaga kadar glukosa darah kamu," kata Sharma.

Baca juga: Alasan Medis Penderita Diabetes Sering Merasa Lapar

Sarapan

Mulailah pagi hari dengan secangkir teh hijau yang menyegarkan atau teh biasa (tanpa gula). Untuk pilihan makanan, dapat menikmati telur orak-arik dengan tumis sayuran.

Untuk pilihan vegetarian, bisa memilih paneer orak-arik dengan tumis sayuran. Anda juga bisa menikmati buttermilk rasa dengan biji rami.

Makan Siang

Pastikan Anda merasa kenyang dengan makan siang, tetapi juga jangan makan terlalu banyak. Anda bisa memilih roti rendah karbohidrat dengan tumis kubis dan lobak raita. Pilihan lainnya termasuk paratha (roti pipih) rendah karbohidrat dengan bhindi masala, menampilkan bahan utama polong okra, bawang bombay pedas, tomat tajam, rempah-rempah dan rempah-rempah India yang berani.

Camilan Sore

Sebelum makan malam, Anda bisa menyantap camilan sehat seperti greek yogurt atau menikmati teh hijau dengan campuran kacang-kacangan dengan biji minyak.

Makan Malam

Kamu dapat menikmati roti rendah karbohidrat dengan kari ayam dan salad wortel mentimun. Bisa juga menyantap hidangan kontinental meliputi sup sayuran kental, tikka ayam atau tikka ikan dengan salad hijau.

"Pantau kadar gula secara teratur dengan glukometer yang terhubung ke ponsel pintar yang dapat membantu melacak bagaimana makanan yang berbeda memengaruhi kadar gula dan kemudian membuat pilihan yang cerdas," saran Sharma.

Salah satu aspek terpenting dalam perencanaan makan bagi penderita diabetes adalah ukuran porsi. Ingatlah untuk tidak mengonsumsi makanan favorit secara berlebihan, meskipun makanan tersebut ramah diabetes atau berlabel bebas gula. Pastikan juga menggunakan metode memasak yang ramah diabetes termasuk metode memanggang atau bakar alih-alih digoreng.

Pilihan Editor: Bolehkah Penderita Diabetes Minum Susu? Ini Jawaban Dokter

WIDYA FITRIANINGSIH | HINDUSTAN TIMES

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."