Penderita Diabetes, Berikut Jenis Olahraga yang Cocok dan Perlu Dihindari

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita olahraga. Freepik.com/Senivpetro

Ilustrasi wanita olahraga. Freepik.com/Senivpetro

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Berolahraga secara konsisten bermanfaat untuk kesehatan fisik dan mental semua orang, termasuk penderita diabetes. Untuk penderita diabetes, olahraga bermanfaat meningkatkan sensitivitas insulin, meningkatkan kontrol gula darah, hingga menghilangkan lemak tubuh, menurut Danine Fruge, direktur medis di Pritikin Longevity Center, Amerika Serikat.

"Olahraga bagi penderita diabetes juga bermanfaat membangun kekuatan tulang dan otot, meningkatkan keseimbangan dan fleksibilitas, menurunkan trigliserida serta tekanan darah, hingga menurunkan risiko komplikasi penyakit kardiovaskular seperti seperti serangan jantung stroke dan demensia,” kata Dr. Fruge, seperti dikutip dari Well+Good, pada Minggu, 19 Maret 2023.

Fruge juga mengatakan bahwa ketika mencoba menggunakan olahraga untuk mengendalikan diabetes, faktor pemrograman yang paling penting adalah frekuensi.

“Setiap hari adalah yang terbaik, tetapi cobalah untuk tidak melewatkan dua hari berturut-turut. Targetkan minimal 15 menit per hari. Di Pritikin Longevity Center, kami merekomendasikan jalan kaki atau olahraga ringan 15 menit setelah setiap makan atau ngemil, ”katanya.

“Kami mendorong sesi latihan dua hari, pagi dan sore, yang menghasilkan manfaat kesehatan yang luar biasa seperti menurunkan gula darah, tekanan darah, dan kolesterol, serta meningkatkan energi, suasana hati, dan kewaspadaan mental,” jelasnya

Dr Fruge juga mengatakan jika penderita diabetes baru berolahraga, mulailah secara perlahan dan intensitas ringan.

Jenis Olahraga untuk Penderita Diabetes

Dalam hal jenis olahraga terbaik untuk penderita diabetes, Dr. Fruge mengatakan bahwa program olahraga harus menyeluruh dengan berbagai jenis olahraga. Dia menyarankan untuk mengikuti protokol pelatihan hybrid.

"Yang terbaik adalah menambahkan aktivitas pembentukan otot bersama dengan aktivitas kardio/aerobik, yang bersama-sama memberikan manfaat paling besar untuk kontrol gula darah jangka panjang serta komposisi dan berat badan yang sehat."

Kabar baiknya adalah Dr. Fruge mengatakan bahwa selama diabetes Anda dikelola dengan baik, Anda tidak boleh merasa dibatasi dalam jenis olahraga yang dapat Anda lakukan.

“Jika diabetes Anda terkontrol dengan baik dan Anda tidak mengalami komplikasi besar, Anda dapat menikmati semua jenis olahraga,” katanya.

“Saya bermain tenis semi ganda perguruan tinggi Divisi I. Pasangan saya adalah penderita diabetes tipe 1 yang bugar dan terkontrol dengan baik yang tahu persis apa yang harus dia lakukan untuk bekerja dengan baik. Saya juga berlari maraton Disney bersama dengan kelompok dari berbagai usia dan jenis penderita diabetes yang menyelesaikan 26,2 mil tanpa komplikasi.

Lebih lanjut, Dr. Fruge mengatakan jenis diabetes yang Anda derita tidak memengaruhi jenis olahraga yang dapat Anda nikmati, selama kondisi Anda terkendali dan Anda tidak mengalami komplikasi serius seperti kerusakan organ.

Baca juga: Bolehkah Penderita Diabetes Minum Susu? Ini Jawaban Dokter

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."