7 Cara Meningkatkan Keterampilan Komunikasi dengan Pasangan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi pasangan. Freepik.com/Pressfoto

Ilustrasi pasangan. Freepik.com/Pressfoto

IKLAN

5. Menuliskan Pikiran, Perasaan, dan Kebutuhan Pasangan

Ketika kamu takut untuk berkomunikasi dengan pasanganmu, kamu mungkin dilumpuhkan oleh isu-isu yang tidak ada hubungannya dengan mereka. Terkadang, datang dengan persiapan yang lebih matang dapat mengurangi rasa takut yang muncul dan membantu kamu untuk tetap berada pada topik pembicaraan.

Tidak perlu malu membawa secarik kertas ke dalam percakapan yang penting. Hal ini berlaku terutama jika pasangan kamu tahu bahwa kamu bekerja keras untuk meningkatkan komunikasi di antara kalian. Mereka akan menghormati kamu dan menghargai usaha kamu.

6. Fokus pada Masalah

Idenya di sini adalah untuk fokus pada masalah atau isu, dan bukan pada orang lain.

Mulailah dengan menyatakan situasi atau masalahnya. Spesifik dan gunakan hanya fakta-fakta tanpa analisis atau interpretasi. Ini bukan tentang pendapat atau pandangan pribadi kamu terhadap masalah yang ingin kamu ubah.

Kemudian ungkapkan perasaan kamu dengan menggunakan pernyataan "aku" yang tidak menyalahkan. Sampaikan sifat, intensitas, penyebab, dan durasi dari perasaan tersebut. Mulailah secara umum dan lebih spesifik, namun jangan pernah menyalahkan.

7. Terus Belajar

Ketika kamu takut untuk berkomunikasi dengan pasanganmu, itu mungkin karena kamu tidak pernah belajar cara berkomunikasi. Sebagaimana kata pepatah, "Ketika orang tahu lebih baik, mereka akan melakukannya dengan lebih baik."

Jika kamu benar-benar mencintai pasangan kamu dan ingin pernikahan berhasil, ambil risiko demi unsur paling penting dalam hubungan, yakni komunikasi. Terimalah perbedaan dan kebiasaan yang ada pada diri masing-masing, dan kembangkanlah keinginan penuh kasih untuk memahami kebutuhan pasangan sebisa mungkin. Terakhir, ingatlah bahwa hubungan kalian jauh lebih penting daripada masalah-masalah yang menghalangi.

Pilihan Editor: 20 Cara Membangun Komunikasi yang Sehat dengan Pasangan

WIDYA FITRIANINGSIH | YOUR TANGO

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Halaman

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."