Cara Mudah Kenali Passion, Jujur pada Diri Sendiri dan Mencoba Psikotes

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi perempuan mencari peluang kerja. Foto: Unsplash.com/Bruce Mars

Ilustrasi perempuan mencari peluang kerja. Foto: Unsplash.com/Bruce Mars

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Terkadang kamu bingung mau memilih pekerjaan seperti apa yang sesuai dengan passion atau ketertarikan. Oleh sebab itu, penting mengenali passion hingga akhirnya bisa bekerja di bidang yang disukai. 

Kamu bisa melakukannya melalui tiga langkah sederhana, menurut Psikolog Sandi Kartasasmita. Sandi Kartasasmita adalah Chief Research and Development di talent management platform yang menyediakan alat psikotes melalui inovasi teknologi dan riset psikologi, Ekrutes. 

1. Jujur pada diri sendiri

Langkah pertama adalah jujur pada diri sendiri. Cobalah untuk benar-benar bertanya pada diri sendiri tentang passion Anda. "Saat kita ingin memahami passion kita, jujurlah pada diri sendiri. Kita melihat apa yang sebenarnya kita sukai, bukan karena apa yang disukai teman kita," kata Sandi dalam keterangannya, Rabu, 8 Maret 2023. 

Dijelaskannya, jika kita memilih bidang pekerjaan berdasarkan preferensi orang lain maka sebenarnya itu adalah perilaku konformis terhadap lingkungan.

2. Buka jaringan seluas-luasnya

Networking atau jaringan penting dibuka seluas-luasnya, agar bisa mengetahui preferensi orang lain pada passion-nya masing-masing. “Bukalah visi dan jaringan secara tatap muka. Karena kontak di media sosial kadang tidak selalu real,” kata Sandi.

3. Coba lakukan psikotes

Ketiga, lakukan psikotes untuk mengenal diri sendiri agar bisa menggali lebih dalam potensi diri berdasarkan passion.

Dalam kesempatan yang sama, Kristin Tan, Chief Marketing Officer Ekrutes.id mengatakan, psikotes merupakan langkah awal yang penting bagi perusahaan untuk lebih mengenal kandidat.

“Banyak turnover yang terjadi di perusahaan saat ini karena adanya ketidaksesuaian antara atasan dan bawahan, atau dengan sesama rekan kerja, hal ini biasanya berkaitan dengan kepribadian seseorang.”

Ekrutes.id menghadirkan psikotest online yang paperless, real time, dan efisien, dan yang terpenting sangat terjangkau, ujarnya. Meski dilakukan secara daring, peserta tes tidak bisa berbuat curang karena Ekrutes.id memiliki Sistem Pencegahan Kecurangan, yaitu fitur snapshot yang akan mengaktifkan kamera secara otomatis dan mengambil foto di depan kamera (mode selfie).

Perusahaan juga dapat memanfaatkan fitur EKRUBOX, yaitu sistem AI yang dapat memberikan rekomendasi talenta berdasarkan hasil psikotes dan memberikan rekomendasi posisi yang sesuai.

Ada berbagai jenis penilaian yang dapat digunakan oleh perusahaan, ada tes kecerdasan atau tes IQ, tes kepribadian, tes gaya kerja, tes kepercayaan diri, tes kepuasan hidup, tes gaya belajar, dan tes minat bakat.

Pilihan Editor:  Ketika Maudy Ayunda Bicara Soal Passion, Butuh Proses Berpikir yang Lama

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."