5 Alasan Mengapa Tak Perlu Mengorek Masa Lalu Pasangan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi pasangan. Freepik.com/Jcomp

Ilustrasi pasangan. Freepik.com/Jcomp

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Kita semua memiliki masa lalu, begitu pula dengan pasangan. Jika pasangan terbuka menceritakan kehidupan dia di masa lampau, jadilah pendengar yang baik dan jaga kepercayaannya. Ingat, cerita masa lalu dia bukan untuk bahan obrolan keluarga besar. Namun lain ceritanya, bila dia tidak ingin berbagi dan kamu memaksanya. Tindakan tersebut bisa memicu pertengkaran. Bukan itu saja, ada sejumlah alasan lain kamu tak perlu mengulik masa lalu pasangan.

1. Masalah Kepercayaan

Mengorek masa lalu pasangan dapat merusak pilar kepercayaan atau trust issue. Jika pasangan berbagi informasi pribadi dengan Anda, lalu Anda menggunakannya untuk melawan dia saat bertengkar, hal itu dapat merusak kepercayaan dalam hubungan Anda.

2. Memicu Insecure dan Kecemburuan

Mengetahui tentang hubungan atau pengalaman pasangan di masa lalu dapat menyebabkan kecemburuan atau rasa tidak aman (insecure), meskipun saat ini tidak relevan dengan hubungan Anda. Beberapa orang mulai membandingkan hal-hal yang dilakukan pasangannya dengan seseorang dari masa lalunya. Ini bisa menjadi sangat beracun atau toxic. Anda bahkan mungkin akhirnya menyimpan harapan yang tidak realistis dari pasangan.

3. Ketegangan yang Tidak Perlu

Mengungkit masa lalu pasangan juga dapat menyebabkan ketegangan dalam hubungan, terutama jika topiknya sensitif atau jika Anda tidak setuju dengan pilihannya. Mungkin ada pertengkaran kecil dan bisa juga buruk. Jadi mengapa menggali masa lalu?

4. Perasaan Terluka

Pasangan mungkin telah melakukan kesalahan atau memiliki pengalaman negatif di masa lalunya yang tidak ingin dia ulas atau ingat kembali. Mengulik hal itu dapat menyebabkan perasaan sakit hati dan kebencian. Menggali masa lalu juga bisa melecehkan secara mental apalagi jika itu adalah masalah sensitif.

5. Melanggar Batasan

Jika pasangan tidak ingin berbagi aspek tertentu dari masa lalunya dengan Anda, dan Anda tetap memaksanya, itu berarti Anda melanggar privasi dia. Batasan atau boundaries salah satu unsur penting dalam hubungan sehat.

Pilihan Editor: Kiat Berdamai dengan Kesalahan Masa Lalu, Pentingnya Bicara dengan Diri Sendiri

TIMES OF INDIA 

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."