Yuk Memulai Me Time dengan 6 Kegiatan Sederhana Ini, Kurangi Main Media Sosial

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi wanita sedang bermeditasi. shutterstock.com

Ilustrasi wanita sedang bermeditasi. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Tahukah Sahabat Cantika, jika setiap orang membutuhkan waktu bagi dirinya sendiri atau me time untuk menghilangkan stres dan mengisi kembali energi yang telah terbuang. Rasa lelah, jenuh dan stres adalah hal manusiawi yang tak dapat dihindari. 

Masalah tersbeut tentu harus diatasi agar tidak berkepanjangan, caranya adalah mengontrol stres dengan menyediakan waktu untuk diri sendiri. Namun, terkadang waktu untuk diri sendiri selalu tak pernah cukup dalam 24 jam, padahal sebenarnya bisa diupayakan. 

Berikut kebiasaan sederhana yang bisa kamu mulai untuk memiliki me time: 

1. Bangun pagi satu atau dua jam sebelum waktu biasa

Bagaimana pagimu? Apakah pagi Anda dimulai dengan email dan media sosial? Apakah Anda mulai dengan berinteraksi terhadap orang lain? Anak-anak, karyawan, atau pasangan? Jika ya, maka Anda perlu mengubah ini.

Bangun satu atau dua jam lebih awal dari biasanya. Melakukan hal itu memungkinkan Anda menciptakan waktu untuk diri sendiri.

Katakanlah Anda bangun pagi jam 7 pagi. Anda memeriksa email dan media sosial Anda sampai jam 7:15 pagi. Anda kemudian mulai bergegas ke sekitar rumah sambil mencoba membuat sarapan dan menyiapkan anak-anak untuk sekolah. Setelah anak-anak berangkat sekolah, Anda berangkat kerja.

Sekarang katakanlah Anda bangun jam 6 pagi, cobalah jangan sentuh ponsel Anda sampai jam 7 pagi. Habiskan satu jam ekstra untuk melakukan beberapa latihan ringan, meditasi, dan merencanakan hari Anda.

Penulis terkenal, Robin Sharma, menyebut jam tambahan ini sebagai Jam Kudus Dia menjelaskan bahwa Anda harus menghabiskan dua puluh menit pertama hari itu untuk berolahraga. Kemudian habiskan dua puluh menit berikutnya untuk meninjau tujuan Anda dan merencanakan hari Anda. Dua puluh menit terakhir Anda harus dihabiskan untuk membaca atau mendengarkan buku audio untuk memastikan Anda lebih baik dari kemarin.

2. Jadwalkan perawatan bulanan 

Seberapa sering Anda menghargai diri sendiri? Cara kreatif lain untuk menemukan waktu untuk diri sendiri adalah dengan menjadwalkan hadiah bulanan di mana Anda menghargai upaya Anda selama sebulan.

Jadwalkan satu akhir pekan untuk dihabiskan sendiri. Gunakan waktu ini untuk merenung. Perawatan bulanan bisa sesederhana mengemudi ke suatu tempat di luar kota, atau memesan layanan pijat, lalu memanjakan diri Anda dengan makanan mewah.

Anda juga dapat menghadiri seminar, atau liburan spiritual satu akhir pekan dalam sebulan untuk memastikan Anda selalu berkembang. 

3. Manfaatkan waktu saat dalam perjalanan 

Apa yang Anda lakukan selama perjalanan Anda? Studi menunjukkan bahwa rata-rata orang Amerika menghabiskan 19 hari kerja penuh dalam setahun terjebak kemacetan.
Mengapa tidak menggunakan waktu ini untuk memperbaiki diri sendiri? 19 hari sendirian. Apa lagi yang bisa Anda minta?

Jika Anda mendengarkan musik selama perjalanan, ubah dan mulailah mendengarkan buku audio atau acara pendidikan. Dengan cara ini, Anda belajar sesuatu yang baru selama perjalanan Anda.

19 hari kerja sama dengan 134 jam. Kursus perguruan tinggi adalah sekitar 40 jam waktu kuliah. Dengan mengubah cara Anda menghabiskan waktu mengemudi, Anda mendapatkan setara dengan tiga program kuliah.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."