10 Cara Meminta Maaf kepada Pacar

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita meminta maaf. Foto: Freepik.com/Cookie_Studio

Ilustrasi wanita meminta maaf. Foto: Freepik.com/Cookie_Studio

IKLAN

7. Dengarkan Sudut Pandang Pacar Anda

Mengatakan maaf bisa terasa sulit, terutama saat Anda merasa tidak melakukan kesalahan. Namun, memahami sudut pandang pacar Anda dan mengomunikasikan bahwa Anda memahami sudut pandangnya bisa menjadi langkah yang berarti dalam menciptakan hubungan yang saling menghargai dan memahami.

Saat meminta maaf kepada pacar Anda, sangat penting untuk mencoba melihat sudut pandangnya. Anda dapat melakukannya dengan cara yang tidak konfrontatif dengan mendengarkan secara aktif dan mengajukan pertanyaan.

Jika dia merasa bahwa Anda memahami perasaannya, dia mungkin akan lebih menerima permintaan maaf Anda.

8. Cobalah Membuat Dia Melihat Sudut Pandang Anda

Mencoba membuat pacar Anda memahami sudut pandang Anda saat meminta maaf bisa jadi menantang, terutama saat Anda berdua sedang bertengkar. Karena dia sudah terluka, dia tidak mau mendengarkan apa pun yang Anda katakan.

Jadi, untuk memulai, akui dari mana asalnya dan validasi perasaannya. Menunjukkan kebaikan dan pengertian kepadanya akan menunjukkan bahwa Anda benar-benar peduli. Dari sana, coba jelaskan sudut pandang Anda sendiri, bagaimana perasaan Anda saat itu, dan mengapa Anda bertindak seperti itu.

9. Berjanji untuk Tidak Mengulangi Kesalahan

Membuat kesalahan adalah bagian hidup yang tak terhindarkan dan setiap orang melakukannya dari waktu ke waktu. Namun, mengambil tanggung jawab atas kesalahan adalah satu-satunya cara untuk mengatasinya dan memperkuat hubungan Anda.

Dalam hal meminta maaf, penting untuk menunjukkan kepada pacar Anda bahwa Anda memahami gawatnya situasi; tidak cukup hanya dengan mengatakan "Maafkan aku, sayang." Alih-alih, tujukan untuk menunjukkan bahwa Anda memahami bahwa Anda melakukan sesuatu yang salah dan bahwa Anda bersedia untuk memperbaiki diri di masa mendatang.

Berjanji pada diri sendiri bahwa Anda tidak akan pernah mengulangi kesalahan yang sama lagi dan berhati-hatilah dengan apa pun yang Anda katakan atau lakukan saat Anda merasakan emosi seperti itu lagi.

Juga, berjanjilah kepadanya bahwa lain kali sebelum melampiaskan amarah Anda, Anda akan mencoba untuk berbagi dengannya apa pun yang memicu Anda sehingga Anda berdua dapat duduk, berbicara, dan menyelesaikan situasi alih-alih saling menyakiti.

10. Katakan padanya Betapa Berartinya Dia bagi Anda

Setelah Anda memberi tahu pacar Anda betapa Anda benar-benar menyesal dan bahwa Anda tidak pernah bermaksud membuatnya merasakan apa yang Anda lakukan dan menyesali rasa sakit yang Anda timbulkan padanya, sekarang saatnya untuk memberi tahu dia betapa Anda menghargainya.

Beberapa kata yang penuh kasih sayang dan menawan sangat membantu ketika Anda ingin menyembuhkan kepercayaan dan hati pacar Anda yang rusak. Beri tahu dia (atau lebih tepatnya tunjukkan padanya secara bertahap) bahwa Anda berkomitmen untuk berbaikan dengannya, apa pun yang diperlukan.

Selain itu, katakan padanya bahwa Anda menghargai hubungan dan kehadirannya dalam hidup Anda, dan Anda berada di dalamnya untuk jangka panjang. Terakhir, tegaskan kembali bahwa cinta Anda padanya tidak pernah berubah dan akan selalu tetap sama.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."