5 Cara Memilih Foundation yang Tepat dan Cara Mengaplikasikannya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Pilihlah produk foundation yang sesuai dengan jenis kulit wajah Anda agar hasil riasan tampil sempurna. (Foto: Pexels/Adrienne Andersen)

Pilihlah produk foundation yang sesuai dengan jenis kulit wajah Anda agar hasil riasan tampil sempurna. (Foto: Pexels/Adrienne Andersen)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Meskipun kedengarannya sangat mudah, memilih alas bedak atau foundation yang tepat yang sesuai dengan jenis kulit wajah Anda bisa sangat melelahkan. Menemukan foundation yang sesuai jenis dan warna kulit Anda memerlukan penelitian, coba-coba. Jika Anda masih bingung memilih foundation bubuk atau cairan, lebih baik tampilan matte atau dewy? Berikut cara memilih foundation yang tepat menurut Aanchal Malhotra Gupta, Co-founder amág Beauty.

Cara Memilih Foundation yang Tepat

1. Identifikasi Jenis Kulit Wajah

Kulit kering: Pilih foundation bubuk yang menghidrasi, cair atau yang lengket. Yang memiliki konsistensi seperti krim dan memberikan kelembapan pada kulit sambil menawarkan cakupan yang bagus.

Kulit sensitif: Jika Anda adalah seseorang yang terus berjuang melawan jerawat/berjerawat dan takut bereksperimen dengan produk baru karena Anda tidak pernah tahu kapan kulit Anda akan berubah, maka pilihan teraman Anda adalah menghindari foundation dengan bahan tertentu yang dapat mengiritasi kulit seperti alkohol dan wewangian. Juga, minyak mineral dan bedak adalah larangan besar.

Kulit berminyak: Gunakan foundation bubuk atau cair bebas minyak. Ini mengandung bubuk yang menyerap minyak, membuat Anda mendapatkan hasil akhir yang halus dan matte. Foundation mineral juga bekerja dengan baik pada kulit berminyak karena partikel keringnya cenderung menyerap kelembapan dan juga mencegah kilap.

Kulit kombinasi: Ini bisa menjadi tantangan, jadi foundation  cair ringan yang bebas minyak dan memberikan perlindungan yang baik sangat ideal. Hindari foundation  berbasis krim yang dapat membuat area berminyak menjadi lebih berminyak.

2. Kenali Rona Kulit

Memahami rona kulit Anda adalah penentu dalam memilih warna foundation  yang tepat. Nada dasar bisa sejuk, hangat, atau netral. Untuk menentukan rona kulit Anda, lihat pembuluh darah di pergelangan tangan Anda. Jika tampak hijau, Anda memiliki rona kulit hangat, sedangkan biru menunjukkan rona kulit dingin.

Baca juga: Berikut Perbedaan Foundation Dewy dan Matte

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."