5 Cara Mengatasi Mood Swing bagi Penderita PCOS

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
ilustrasi bad mood (pixabay.com)

ilustrasi bad mood (pixabay.com)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Penderita PCOS sering melaporkan tanda-tanda perubahan suasana hati atau mood swing, selain depresi dan kecemasan. Ciri-ciri mood swing bisa berupa emosi yang berfluktuasi dengan cepat yang dapat bermanifestasi sebagai mudah tersinggung, marah, sedih, dan cemas yang diakibatkan oleh ketidakseimbangan hormon. Lantas, bagaimana cara mengatasi mood swing bagi penderita PCOS?

Sebelum sampai ke sana, kita ketahui dulu, faktanya banyak wanita yang mengalami tanda-tanda mood swing, terutama menjelang siklus menstruasi. Meskipun setiap orang mengalami perubahan suasana hati dari waktu ke waktu, namun mood swing pada penderita sindrom polikistik ovarium atau polycystic ovarian syndrome (PCOS) terlihat sering dan intens, sehingga memengaruhi pekerjaan, hubungan, dan kualitas hidup secara keseluruhan.

Mood swing yang parah dan berkepanjangan harus didiskusikan dengan dokter/ahli kesehatan mental. Namun, ada beberapa cara mengatasi mood swing bagi penderita PCOS menurut Madhu Hisaria, psikoterapis dan penasihat hubungan di Veera Health, Klinik PCOS Online.

1. Pola Makan

Apa yang Anda makan tidak hanya berdampak pada kesehatan fisik Anda, tetapi juga suasana hati Anda. Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi karbohidrat kompleks, protein, buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil yang dikaitkan dengan peningkatan suasana hati. 

2. Rutin Olahraga

Olahraga teratur tidak hanya dapat membantu menurunkan kadar insulin dan menjaga kadar gula darah tetap stabil yang sangat penting untuk meningkatkan mood Anda, tetapi juga dapat membantu Anda menurunkan berat badan.

Olahraga juga membantu mengurangi stres dan melepaskan endorfin (hormon perasaan senang) yang dapat membantu memperbaiki suasana hati.

Berolahraga pun dapat menjadi pengalih perhatian dari pikiran negatif dan meningkatkan interaksi sosial, area yang diketahui dapat meningkatkan suasana hati dan gejala depresi. Menemukan bentuk olahraga yang membuat Anda bahagia adalah kuncinya - baik itu berjalan, berlari, yoga, menari, atau olahraga tim.

Baca juga: Penderita PCOS, Simak Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."