6 Makanan dan Minuman yang Perlu Dihindari saat Flu, Termasuk Makanan Manis

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi sambal. Foto: Freepik.com

Ilustrasi sambal. Foto: Freepik.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Saat Anda kena flu, hal-hal yang mungkin terdengar menggugah selera adalah meringkuk di bawah selimut dan makan semangkuk sup mie ayam beruap. Terkait pilihan asupan flu, ada beberapa makanan dan minuman yang perlu dihindari saat flu sebab membuat makin parah, menurut dokter Inna A. Husain, direktur medis laringologi di Community Hospital di Munster, Indiana, Amerika Serikat. Apa saja itu? Berikut enam di antaranya.

1. Makanan Manis

Ilustrasi makanan manis (pixabay.com)

Makanan manis berada di urutan pertama yang disebut dokter Husain. Mengapa? Itu adalah penyebab utama yang terkait dengan peningkatan peradangan.

“Sudah lama dipahami bahwa gula berkontribusi terhadap peradangan karena efeknya pada sel darah putih dan sistem kekebalan tubuh kita,” kata Dr. Husain, seperti dilansir dari Well+Good, pada Kamis, 2 Maret 2023. "Ketika Anda sakit flu dan saluran napas bagian atas Anda meradang, sebaiknya hindari makanan tinggi gula."

Jadi, hindari permen, kue, dan makanan dengan gula olahan agar pemulihan flu berjalan lancar.

2. Alkohol

Ilustrasi Minuman Beralkohol atau Minuman Keras. REUTERS/Mike Blake

“Alkohol harus dihindari dengan cara apa pun. Ini berkontribusi terhadap peradangan, memengaruhi sel darah putih, dan menyebabkan dehidrasi. kata Husain.

dr. Husain juga mencatat bahwa alkohol dapat berinteraksi dengan banyak resep dan obat flu yang dijual bebas. “Selain itu, alkohol tertentu, seperti bir dan anggur, mengandung histamin tingkat tinggi yang dapat menyebabkan hidung tersumbat lebih lanjut,” katanya. 

3. Susu

Ilustrasi susu. Foto: Pixabay.com/pezibear

Saat flu, Anda bisa merasakan sakit tenggorokan. Maka dari itu, dokter Husain merekomendasikan menghindari susu. Sebab lemak dalam produk susu bercampur dengan sekresi saluran napas dan dapat menghasilkan campuran yang kental dan lengket.

"Ini (susu) dapat melapisi tenggorokan dan membuat Anda lebih tidak nyaman dan merasa perlu untuk membersihkannya lebih lanjut, yang selanjutnya dapat mengiritasi tenggorokan" ucap Husain.

Baca juga: 5 Tips Mencegah Kulit Hidung Iritasi saat Flu

4. Makanan Pedas

Ilustrasi sambal. Foto: Freepik.com

Makanan pedas dapat semakin mengiritasi tenggorokan Anda yang sudah sakit saat cuaca sedang tidak bersahabat.

“Saya sarankan untuk menghindari makanan pedas jika tenggorokan Anda sakit atau perut Anda sedang sakit karena rempah-rempah dapat semakin mengiritasi jaringan di tenggorokan dan perut,” kata dr. Husain.

Dia juga mencatat bahwa makanan tersebut dapat meningkatkan refluks asam, yang semakin mengiritasi tenggorokan yang meradang.

Namun, jika flu Anda terutama terkait dengan sinus, makanan pedas mungkin dapat bertindak sebagai dekongestan alami karena mengandung capsaicin (senyawa dalam cabai yang membuatnya panas), yang berpotensi membantu melancarkan drainase sinus.

5. Karbohidrat Olahan

Ilustrasi roti putih (Unsplash/Charles Chen)

Menurut Dr. Husain, karbohidrat olahan bisa memicu peradangan, mirip dengan reaksi saat mengonsumsi manisan olahan.

"Karbohidrat olahan, seperti roti putih atau garam, dipecah menjadi gula dengan cepat, sehingga memiliki efek peradangan yang sama seperti minuman manis dan makanan ringan," tuturnya.

Namun, dr. Husain menjelaskan bahwa jika penyakit Anda terutama terkait dengan indeks glikemik rendah, karbohidrat sederhana mungkin lebih mudah dicerna dan cara yang tepat.

6. Jus Jeruk

Ilustrasi jeruk dan jus jeruk. Shutterstock

Meskipun insting pertama Anda mungkin minum jus jeruk saat flu, Dr. Husain mengatakan itu lebih merupakan pedang bermata dua. "Jus jeruk mengandung vitamin C, yang baik untuk sistem kekebalan tubuh Anda, tetapi jus terkenal memiliki kandungan gula yang tinggi," katanya.

Selain itu, jeruk juga dapat memperparah rasa tidak nyaman pada tenggorokan, terutama jika Anda sedang sakit tenggorokan karena kandungan asamnya yang tinggi. Husain merekomendasikan untuk menghindarinya saat sakit.

Di sisi lain, Dr. Husain merekomendasikan untuk tetap terhidrasi dengan baik dengan air biasa, makan makanan tinggi serat (seperti roti putih dan biji-bijian), dan menyantap makanan lebih lembut yang tidak akan mengiritasi mukosa dan jaringan tenggorokan Anda lebih jauh untuk membantu mengurangi efek samping dari flu yang mengganggu.

Pilihan Editor: Musim Hujan, Cegah Flu dengan Rajin Cuci Tangan dan 6 Hal Lain

WELL+GOOD

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."