Musim Hujan, Cegah Flu dengan Rajin Cuci Tangan dan 6 Hal Lain

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita flu. shutterstock.com

Ilustrasi wanita flu. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Banyak yang beranggapan tubuh lebih rentan penyakit, seperti flu atau infulenza saat musim hujan. Sebenarnya musim hujan dan hawa dingin, bukanlah penyebab flu. Penyebabnya adalah virus influenza dan kondisi cuaca, seperti hujan dan hawa dingin, hanya ‘mendukung’ terjadinya penularan.

Di negara tropis, flu dapat terjadi sepanjang tahun. Namun studi menemukan, flu salah satunya memang sering terjadi di musim hujan dengan kondisi udara yang lembap. Lalu, mengapa banyak orang mengalami flu di musim hujan? 

Satu hipotesis terkait hal ini adalah, saat musim hujan orang-orang cenderung menghabiskan waktu di dalam ruangan. Hal ini menyebabkan kita lebih sering kontak satu sama lain sehingga penularan penyakit pun juga meningkat.

Langkah terbaik untuk mencegah flu, termasuk di musim hujan, adalah dengan menjalankan gaya hidup sehat dan bersih seperti berikut. 

1. Rajin mencuci tangan

Virus dapat bertahan di permukaan benda padat selama 24 jam, sehingga Anda harus rajin dalam membersihkan tangan. Beberapa waktu yang penting untuk mencuci tangan adalah sebelum menyiapkan makan, sebelum makan, sebelum menyentuh area wajah, serta usai menggunakan toilet.

2. Gunakan hand sanitizer

Kadang Anda terlalu repot untuk mencuci tangan ke kamar mandi. Solusinya, Anda bisa menyiapkan hand sanitizer di meja kerja atau di tas. Pilihlah hand sanitizer yang setidaknya mengandung 60% alkohol.

Sebelum Anda menyentuh wajah, saat hendak makan, atau setelah dan sebelum menyentuh orang lain, pastikan hand sanitizer dioleskan di kedua tangan.

3. Kuatkan sistem imun

Sistem imun yang kuat dapat melawan infeksi yang masuk ke tubuh. Saat Anda sudah terinfeksi virus pun, sistem imun juga akan mencegah agar infeksi tersebut tak kian parah.

Ada banyak cara untuk menguatkan sistem imun dan mencegah flu, yaitu dengan konsumsi makanan sehat, terutama yang kaya dengan vitamin dan molekul antioksidan. Buah dan sayuran juga harus rutin dikonsumsi tiap harinya. Istirahat yang cukup, yakni sekitar 7-9 jam per hari.

Jangan lupa rutin berolahraga. Tak usah berlebihan, Anda bisa berolahraga selama 30 menit dalam sehari sebanyak tiga kali dalam seminggu.

4. Berhenti merokok

Musim hujan kali ini dapat menjadi momentum Anda untuk berhenti merokok. Tak hanya demi mencegah flu, namun juga mencegah penyakit lain yang dapat merusak organ. Rokok dapat memengaruhi sistem imun tubuh yang membuat Anda lebih rentan untuk terserang flu maupun pilek atau common cold.

5. Gunakan masker

Menurut studi, masker dapat membantu Anda untuk mencegah flu. Anda bisa mengenakan masker apabila rutin bepergian menggunakan transportasi umum dan saat Anda berada di keramaian.

Saat di kantor dan ada rekan Anda yang sudah terkena flu, menggunakan masker juga tak ada salahnya. Anda yang sudah terkena flu dan pilek pun sebaiknya mengenakan masker agar tak menularkan ke orang lain.

Pastikan Anda sudah paham cara menggunakan masker dengan benar, yakni sisi biru atau hijau di luar, dan sisi putih di dalam.

6. Dapatkan vaksin flu tahunan

Virus flu yang beredar kadang dapat berubah seiring waktu. Dengan demikian, vaksin flu penting dilakukan untuk menurunkan risiko Anda tertular penyakit ini, bisa didapatkan di berbagai fasilitas kesehatan terdekat.

Selain vaksin flu, Anda juga boleh menanyakan kepada dokter vaksin PCV. Vaksin ini dapat menurunkan risiko Anda terserang meningitis, pneumonia, dan infeksi lainnya.

SEHATQ

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."