Perbedaan Contour dan Bronzer

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Trik contouring. Freepik.com/Anastasia Kazakova

Trik contouring. Freepik.com/Anastasia Kazakova

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Masih bingung membedakan kontur (contour) dan bronzer? Jika dilihat sekilas, tekstur atau warna dua produk makeup tersebut memang terlihat mirip, namun sebenarnya ada beberapa perbedaan contour dan bronzer.

"Contour adalah tentang membentuk dan menentukan struktur wajah, sedangkan bronzer adalah tentang menghangatkan kulit di tempat yang terkena sinar matahari secara alami," ujar Mario Dedivanovic, penata rias Kim Kardashian dan bisa dibilang raja contour, seperti dilansir Allure, pada 25 Februari 2023.

Dia menambahkan bahwa contour menciptakan dimensi dan simetri, sedangkan bronzer menambahkan sapuan warna alami.

Jadi jika ingin tampilan bersinar seperti di bawah matahari, bronzer adalah suatu keharusan. Jika ingin menegaskan tulang pipi, maka produk contour adalah cara yang tepat, jelas penata rias Jamie Grennberg. Bukan cuma itu, ada lagi perbedaan contour dan bronzer yang perlu kamu ketahui. Yuk, kita simak bersama.

1. Tone

Dalam beberapa kasus, tone dari produk bronzer dan contour biasanya berbeda. "Contour harus lebih dingin dan bronzer harus lebih hangat," kata Greenberg.

Tone kulit secara alami memengaruhi seberapa hangat dan dinginnya. Misalnya, jika memiliki warna kulit dingin alami, mungkin memerlukan bronzer dengan warna yang hangat, apa pun yang terlalu hangat dapat terlihat oranye di kulit. Atau jika memiliki tone kulit alami yang hangat maka perlu contour.

2. Shade

Shade warna juga berperan. "Saya percaya contour harus memiliki warna yang lebih dalam daripada warna kulit asli untuk menciptakan kedalaman dan dimensi, sementara bronzer harus memiliki warna yang lebih hangat," jelas penata rias Alexandria Gilleo yang berbasis di New York, Amerika Serikat.

3. Metode Layering

Dalam tahap riasan, gunakan alas bedak dan concealer terlebih dahulu, lalu memakai contour sebelum bronzer. Setelah langkah-langkah tersebut, barulah menggunakan perona pipi, highlighter, dan lainnya sesuai tahap riasan umumnya. 

4. Hasil Akhir

Beberapa bronzer mungkin memiliki sedikit kilauan untuk memantulkan cahaya alami pada hasil akhirnya, sedangkan contour biasanya memiliki hasil akhir yang matte. Anda juga dapat menemukan bronzer matte dan menggunakan highlighter hanya di bagian atas wajah untuk kilau yang lebih tegas.

Jadi, pilihlah bronzer sebagai produk yang meniru warna alami kulit, sementara contour meniru bayangan di wajah. Secara teknis, bronzer bisa digunakan untuk membuat kontur, tetapi itu belum tentu mencapai efek riasan yang sama, kata Greenberg. Dan terakhir, tidak selalu perlu menggunakan keduanya untuk membuat riasan yang bagus, itu semua tergantung pada kebutuhan. Kedunya digunakan untuk meningkatkan penampilan, bukan mengubah.

Semoga ulasan di atas membantu kamu mengetahui perbedaan contour dan bronzer.

Pilihan Editor: 6 Tips Tampil dengan Makeup Era 60-an, Eyeliner Dramatis dan Lipstik Nude

NADIA RAICHAN FITRIANUR | MINDBODYGREEN | ALLURE

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."