8 Penyebab Rasa Sakit saat Berhubungan Intim

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi bercinta. shutterstock.com

Ilustrasi bercinta. shutterstock.com

IKLAN

6. Mungkin Memiliki Kondisi Ginekologi

Kondisi seperti endometriosis, penyakit radang panggul, fibroid rahim, kista ovarium, dan disfungsi dasar panggul dapat membuat hubungan intim menjadi tidak nyaman, menurut Mayo Clinic. "Rasa sakit biasanya terjadi pada penetrasi yang dalam, bukan pada saat memasukkan penis di awal hubungan intim," jelas Dr. Minkin.

7. Mengonsumsi Obat Baru

    Antidepresan, obat tekanan darah tinggi, obat penenang, antihistamin, dan pil KB dapat membuat Anda lebih sulit terangsang. Hal itu, pada akhirnya, dapat mengurangi lubrikasi dan membuat hubungan intim menjadi terasa kering dan tidak nyaman, kata Mayo Clinic.

    8. Vaginismus

    Vaginismus adalah ketika otot-otot miss V secara tidak sengaja mengalami kejang setiap kali penetrasi dilakukan, menurut Cleveland Clinic. Hal ini dapat membuat hubungan intim menjadi menyakitkan, tetapi juga dapat terjadi selama pemeriksaan panggul atau saat memasukkan tampon.

    Penyebab pasti dari vaginismus tidak jelas, tetapi hal ini dapat terjadi ketika seseorang memiliki rasa takut atau perasaan negatif tentang hubungan intim. Faktor risiko lainnya termasuk memiliki gangguan kecemasan dan riwayat operasi atau cedera saat melahirkan seperti robekan pada vagina.

    Itulah beberapa penyebab rasa sakit saat berhubungan intim. Kira-kira kapan waktu terbaik untuk mengunjungi dokter? Sebaiknya segera kunjungi dokter apabila rasa sakit yang ditimbulkan sudah membuat kamu merasa tidak nyaman. Sebaiknya bicarakan gejala-gejala yang kamu alami secara langsung jika bisa. Namun, jika kamu mengalami kesulitan untuk memulai pembicaraan, cobalah mengatakan sesuatu seperti, "Saya aktif secara seksual, tetapi terkadang terasa tidak nyaman," saran Dr. Sophocles. Dari situ, penyedia layanan kesehatan akan dapat mengajukan pertanyaan yang lebih spesifik tentang apa yang kamu rasakan, sehingga kamu dapat menemukan solusi yang terbaik.

    Pilihan Editor: 7 Penyebab Keluar Darah setelah Berhubungan Intim

    WIDYA FITRIANINGSIH  | LIVESTRONG

    Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

    Halaman

    Iklan

    Berita Terkait

    Rekomendasi Artikel

    "Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."