5 Bahaya Tidur Pakai Makeup

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita tidur dengan makeup. Freepik.com/Lookstudio

Ilustrasi wanita tidur dengan makeup. Freepik.com/Lookstudio

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Kebanyakan dari kita pernah mengalami malam-malam di mana kita terlalu lelah untuk menghapus riasan atau makeup sebelum tidur. Termasuk kamu? Sebaiknya kita jangan biasakan hal tersebut di malam-malam berikutnya. Sebab ada beberapa bahaya tidur dengan makeup menurut dokter kulit. Apa saja itu? Mulai dari memicu jerawat hingga penuaan dini. Yuk, kita simak selengkapnya.

5 Bahaya Tidur Pakai Makeup yang Perlu Kamu Ketahui

1. Garis Halus dan Kerutan

Saat Anda tidur siang, kulit Anda bekerja lembur untuk memperbaiki dan mengganti sel-sel yang rusak. Namun, tidur dengan makeup di wajah Anda dapat menghambat terjadinya proses pembaharuan alami tersebut.

“Ketika Anda tidur dengan makeup dapat menyebabkan penuaan dini dengan menghalangi proses pembaharuan sel kulit dan merusak kolagen yang sehat,” jelas Crystal Koro, ahli kecantikan selebritas dan pendiri Crystal Clear Skin and Beauty seperti dilansir Purewow, pada Rabu, 22 Februari 2023.

Proses regenerasi sel menyebabkan folikel rambut melumasi dan membiarkan minyak mengalir ke permukaan kulit Anda. Jika makeup memerangkap minyak, itu dapat merusak penghalang kulit, menyebabkan kulit kering dan membuat lebih banyak garis halus dan kerutan muncul alias penuaan dini.

2. Memicu Jerawat

Makeup sering diformulasikan dengan minyak dan bahan lain yang dapat menyebabkan berjerawat atau sensitif pada kulit, jelas Dr. Garshick. Bukan cuma itu, dia juga menegaskan pentingnya rutin mencuci sarung bantal. Sarung bantal yang tidak bersih dapat menyebabkan lebih banyak jerawat, komedo, dan berjerawat.

3. Iritasi pada Mata

Salah satu bahaya tidur dengan makeup adalah iritasi pada mata. Perlu diingat bersama, kulit di sekitar mata Anda adalah salah satu area wajah yang paling tipis dan rapuh.

“Area kelopak mata Anda sensitif, jadi memakai riasan saat tidur bisa menyebabkan kemerahan dan pembengkakan di sekitar area mata,” jelas Dr. Garshick.

Plus, jika Anda meninggalkan maskara atau eyeliner, yang berada di atau dekat dengan mata bagian bawah semakin berisiko mengalami iritasi dan pembengkakan mata. Skenario terburuk dapat meningkatkan peluang Anda terkena bintitan atau dermatitis kelopak mata, tegas Dr. Garshick.

4. Kulit Kering dan Kusam

Jika Anda membiarkan makeup menempel di wajah semalaman, itu dapat menghalangi masuknya oksigen atau nutrisi ke kulit Anda. Dan seperti yang disebutkan di atas, ini dapat menghambat pengelupasan sel kulit mati secara alami, sehingga berujung kulit kusam dan kering.

“Saat Anda tidur dengan makeup, kulit tidak dapat terkelupas dengan baik. Pengelupasan alami mengacu pada pengelupasan epidermis (alias sel-sel di lapisan atas kulit). Seluruh lapisan ini diregenerasi rata-rata setiap 28 hari, jadi tidur dengan riasan Anda dapat memperlambat proses ini, membuat kulit terlihat kusam dan kering,” kata Dr. Lauren Penzi, ahli kulit bersertifikat di New York, Amerika Serikat.

5. Kemerahan dan Memicu Reaksi Alergi

Semua jenis kulit dapat mengalami iritasi karena memakai makeup semalaman, tetapi untuk kulit sensitif bahkan lebih rentan terhadap gatal, ruam, dan kemerahan.

“Kombinasi gesekan dari bolak-balik saat Anda tidur dan riasan dapat menyebabkan iritasi yang mungkin tampak sebagai bercak merah, bersisik atau kering pada kulit,” tutur Garshick.

Jika kondisi mendesak dan tak memungkinkan, para ahli mengimbau setidaknya menghapus riasan mata sebelum Anda tidur malam. Mengingat kulit area mata lebih rentan terhadap iritasi dan infeksi dibandingkan area lainnya.

Baca juga: 7 Kiat Makeup bagi Pemilik Kulit Kering, Hindari Alas Bedak dan Pakai Face Mist

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."