Scroll Untuk Melanjutkan
CEO Youtube Susan Wojcicki Mengundurkan Diri: Memulai Babak Baru di Keluarga, Kesehatan, dan Pribadi

Susan Wojcicki umumkan mengundurkan diri sebagai CEO Youtube pada Kamis, 16 Februari 2023. Foto: Instagram/@susanwojcicki

Iklan

profil

CEO Youtube Susan Wojcicki Mengundurkan Diri: Memulai Babak Baru di Keluarga, Kesehatan, dan Pribadi

Jumat, 17 Februari 2023 14:35 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri
Iklan

CANTIKA.COM, Jakarta - CEO Youtube, Susan Wojcicki mengumumkan mengundurkan diri dari posisinya kini. Hal itu ia ungkapkan dalam unggahan di blog pada Kamis, 16 Februari 2023.

"Saya telah memutuskan untuk mundur dari peran saya sebagai kepala YouTube dan memulai babak baru yang berfokus pada proyek keluarga, kesehatan, dan pribadi saya. Saya tertarik dengan itu," ucapnya, seperti dilansir People, Kamis, 16 Februari 2023.

Iklan

Wojcicki diketahui menjadi CEO di balik platform streaming milik Google itu pada tahun 2014, juga bagian dari berdirinya perusahaan Google pada 1998 ketika dia menyewakan garasinya sebagai ruang kantor untuk salah satu pendiri Google, Larry Page dan Sergey Brin.

"Dua puluh lima tahun yang lalu saya membuat keputusan untuk bergabung dengan beberapa mahasiswa pascasarjana Stanford yang sedang membangun mesin pencari baru. Nama mereka adalah Larry dan Sergey," ujarnya. 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

"Saya melihat potensi dari apa yang mereka bangun, yang sangat menarik, dan meskipun perusahaan hanya memiliki sedikit pengguna dan tidak ada pendapatan, saya memutuskan untuk bergabung dengan tim," jelasnya dalam pengumumannya. "Itu akan menjadi salah satu keputusan terbaik dalam hidup saya."

Page dan Brin kemudian mempekerjakan perempuan berusia 54 tahun itu sebagai karyawan ke-16 di Google. Dia memegang banyak jabatan, termasuk bekerja di bidang pemasaran, ikut menciptakan Penelusuran Gambar Google, dan memimpin penelusuran Video dan Buku pertama Google.

"Saat saya bergabung dengan YouTube sembilan tahun lalu, salah satu prioritas pertama saya adalah membawa tim kepemimpinan yang luar biasa. Neal Mohan adalah salah satu dari pemimpin tersebut, dan dia akan menjadi SVP dan kepala YouTube yang baru," tambah Wojcicki dalam unggahannya.

Meskipun dia tidak merinci upaya masa depannya, dia menyatakan bahwa dia akan mempertahankan hubungannya dengan perusahaan. "Terus bekerja dengan beberapa tim YouTube, melatih anggota tim, dan bertemu dengan pembuat konten," ungkapnya.

Dia juga akan mengambil peran penasihat di Google dan perusahaan induk raksasa teknologi itu, Alphabet.

Menyusul berita mundurnya Susan Wojcicki, Page dan Brin mengatakan dalam sebuah pernyataan kepada CBS News bahwa mereka sangat berterima kasih atas semua yang telah dia lakukan selama 25 tahun terakhir. "Susan memiliki tempat unik dalam sejarah Google dan telah memberikan kontribusi paling luar biasa untuk produk yang digunakan oleh orang di mana saja," pungkas mereka.

Pilihan Editor: Cara Bos YouTube Cegah Paparan Konten Negatif pada Lima Anaknya 

PEOPLE

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan