Ketahui Ciri Skin Barrier Rusak dan Cara Mengatasinya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi kulit wajah sensitif. shutterstock.com

Ilustrasi kulit wajah sensitif. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Menjaga kesehatan skin barrier wajah adalah salah satu modal tampilan wajah bersinar. Seperti diketahui skin barrier adalah lapisan kulit terluar yang berfungsi menjaga kulit dari paparan radikal bebas yang bisa menyebabkan perubahan kulit. Maka dari itu, penting bagi kita untuk mengetahui ciri skin barrier rusak beserta penyebabnya, juga cara mengatasinya agar kulit wajah sehat senantiasa terjaga.

Menurut dokter kecantikan, Abelina Dini Fitria atau akrab disapa Abel, ciri skin barrier rusak tergantung derajatnya. Bila masih rendah, tingkat kerusakannya tidak terlalu tampak.

"Kalau kerusakan skin barrier sudah parah, biasanya kulitnya jadi sensitif, padahal sebelumnya gak sensitif. Juga jadi kemerahan, kusam, bruntusan hingga mengelupas," ujar dokter Abel saat ditemui di acara Trueve di Jakarta pada Minggu, 12 Februari 2023.

Bukan cuma itu, alas bedak sulit menempel wajah hingga tidak perubahan yang lebih baik setelah memakai produk perawatan kulit atau skincare termasuk ciri skin barrier rusak yang parah.

"Perubahan tipe kulit yang mendadak, misalnya aslinya berminyak banget tiba-tiba jadi kulit kering, atau sebaliknya, itu biasanya tanda skin barrier rusak," tuturnya.

Penyebab Skin Barrier Rusak

Bicara soal penyebab skin barrier rusak, dokter Abel mengatakan cuaca panas Indonesia salah satu faktornya. Jika Anda terpapar sinar matahari berlebihan tanpa pemakaian produk atau alat perlindungan kulit, bukan tidak mungkin skin barrier rusak seiring waktu.

Penyebab lain skin barrier rusak adalah eksfoliasi berlebihan. Hal itu bisa membuat skin barrier menipis, sehingga tidak memberikan perlindungan optimal. Belum lagi, jika bahan-bahan yang digunakan peruntukannya bukan untuk wajah seperti baking soda. Perlu diingat sekali lagi, kulit wajah termasuk area sensitif ketimbang kulit lainnya.

(dari kiri) Carla Setiawan, CEO & Co-Founder Trueve dan Dr. Abelina Dini Fitria ditemui dalam acara "The Journey 100 Synergistic Barrier" di Thamrin Nine Ballroom, Jakarta Pusat, pada Minggu, 12 Februari 2023. Foto: CANTIKA/Silvy Riana Putri

Cara Mengatasi Skin Barrier Rusak

Hal pertama yang harus dilakukan untuk mengatasi skin barrier rusak adalah mengetahui penyebabnya lebih dahulu. "Kalau sebabnya paparan sinar matahari berlebih, hindari paparan sinar matahari, selalu pakai sunscreen (tabir surya). Kalau karena peeling berlebihan, di-setop dulu," ujarnya.

Setelah itu, aplikasikan skincare untuk membangun kembali skin barrier sekaligus melembapkan wajah. 

"Selain dilembapkan, pakai bahan-bahan yang menenangkan wajah, juga zat-zat seperti niacinamide, hyaluronic acid, peptide, untuk membangun skin barrier," ujarnya.

Untuk mencegah skin barrier rusak, dokter Abel mengimbau untuk rutin mengaplikasikan skincare dengan benar. Untuk pembersih wajah, pilihlah pembersih dengan sedikit busa. Sementara itu, untuk pemilihan serum, toner, dan pelembap, dia mengimbau memilih produk yang sesuai tipe kulit dan keluhan kulit. Dan, yang juga sangat penting selalu memakai sunscreen. "Itu wajib banget. Banyak yang gak suka pakai sunscreen. Dan, pentingnya reapply suncreen," pungkasnya.

Pilihan Editor: Tips Atasi Masalah Kulit Wajah, Kenali Lebih Dulu Skin Barrier Kamu

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."