Manfaat Allantoin untuk Kulit, Meredakan Peradangan dan Melembapkan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita melihat wajahya di cermin. Freepik.com/Lifeforstock

Ilustrasi wanita melihat wajahya di cermin. Freepik.com/Lifeforstock

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Allantoin adalah salah satu bahan di produk perawatan kulit yang menjadi sorotan beberapa tahun belakangan. Menurut sejumlah pakar kecantikan, kandungan ini bakal semakin bersinar di tahun 2023, bahkan disebut niacinamide baru. Apa itu allantoin?

Ahli dermatologi bersertifikat dan kreator konten, Andrea Suarez, menjelaskan allantoin adalah ekstrak yang berasal dari tanaman comfrey, tetapi juga dapat ditemukan di berbagai tanaman lain seperti bit dan chamomile.

Fungsinya mirip dengan panthenol (alias, vitamin B5), karena dapat meredakan kemerahan dan iritasi. Untuk alasan ini, Suarez menjelaskan, allantoin sering ditemukan dalam kosmetik yang dipasarkan untuk kulit yang teriritasi dan produk perlindungan di bawah sinar matahari.

Apa lagi manfaat allantoin untuk kulit? Allantoin juga bisa dengan lembut mempercepat pergantian sel alami.

"Allantoin dianggap memiliki sifat keratolitik," kata dokter kulit bersertifikat Christina Lee Chung. "Ini berasal dari urea, yang, seperti asam alfa-hidroksi yang ada di mana-mana, dapat membantu menghaluskan dan melembutkan kulit dengan membuang kulit mati yang berlebih."

Sifat-sifat yang menenangkan menjadikan allantoin sebagai pahlawan bagi kulit sensitif dan berjerawat. Ini juga mempercepat penyembuhan luka dan mengurangi peradangan, itulah sebabnya Anda dapat menemukan bahan ini di banyak krim bekas luka, salep, dan sejenisnya.

Khasiat lain dari allantoin adalah dengan meningkatkan kemanjuran dan daya tarik formula dengan bertindak sebagai pelindung kulit dan memberikan kelembapan yang diperlukan, kata ahli kimia kosmetik Krupa, Koestline.

Baca juga: Tips Perawatan Kulit Wajah agar Tetap Terhidrasi dan Elastis

MIND BODY GREEN

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."