9 Fakta Menarik Dear David yang Wajib Kamu Ketahui

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Shenina Cinnamon dan Emir Mahira saat konferensi pers film Dear David di Jakarta Selatan, Rabu, 8 Februari 2023. Dok. Netflix

Shenina Cinnamon dan Emir Mahira saat konferensi pers film Dear David di Jakarta Selatan, Rabu, 8 Februari 2023. Dok. Netflix

IKLAN

7. Berkat Dear David, Emir Mahira Urung Mundur dari Dunia Akting

Emir Mahira mengaku sempat ingin mundur dari dunia akting karena mendapat respons yang kurang baik dan merasa dirinya tidak layak. Namun, tawaran menjadi salah satu karakter utama di Dear David membuat Emir mengurungkan niatnya tersebut dan menjadi lebih percaya diri melanjutkan kariernya di dunia akting.

"Ini kesempatan emas. Jujur sebelum Dear David, aku sempat kepikiran mengundurkan diri dari dunia akting, karena aku coba untuk comeback, tapi energinya kurang positif," ucap pria yang menamatkan studi S1-nya di Universitas British Columbia, Kanada.

"Aku low (sedih) banget, ditolak-tolakin buat project (proyek), sekecil apa pun, mau scene-nya cuma dua. Pernah casting, dinyalain kamera, orangnya cabut (pergi), pernah ada yang bilang 'Oh ini Emir yang dulu, sudah jelek sekarang, ya'," kata Emir sambil tertawa mengenang masa-masa tersebut.

Kepercayaan yang diberikan oleh Lucky Kuswandi, Muhammad Zaidy, dan Netflix membuat Emir kembali semangat untuk meneruskan kariernya sebagai aktor yang telah dibagun sejak kecil.

"Aku merasa 'kok masih ada yang mau bekerja sama aku' dan mereka membantu menghidupkan kembali masa mudaku yang lebih baik. Jadi sebenarnya film ini sangat spesial buat aku, seperti hadiah yang datang di waktu yang tepat," tuturnya.

Film Dear David dibintangi Shenina Cinnamon, Emir Mahira, dan Caitlin North Lewis. Dok. Netflix

8. Upayakan Jadwal Syuting "Sehat"

Menurut Zaidy, syuting Dear David dilakukan pada awal 2022 silam, dan lokasi syuting di Jakarta, Puncak, dan Sukabumi. Selain mengikuti aturan dan protokol kesehatan, Zaidy mengaku ia dan tim berupaya menerapkan jadwal syuting sehat. 

"Syutingnya menyenangkan aja. Kita berusaha untuk syuting sehat, punya standar baru 14 jam sehari. bukan hanya mencoba menanamkan standar baru, kita ingin syuting lebih sehat, kondusif, dan ini sangat di-support Netflix," ucapnya.

"Kalau di luar negeri, 12 jam, kita berusaha mengejar itu. Syutingnya cukup ringkas karena persiapannya panjang, para pemain sudah reading, workshop. Ketika syuting, fokusnya take. Ada satu dua hari tidak bisa diterapkan (syuting 14 jam) ketika pindah-pindah (lokasi syuting), medannya, seperti syuting di hutan," tambahnya.

Menurut Zaidy, jika syuting dilakukan dari pagi hingga pagi hari selanjutnya akan berdampak pada hasil.

"Pemain capek, gak bisa perform, kitanya jadi marah-marah, suasana gak kondusif. ini pelajaran buat kami semua. Persiapan yang cukup, jadi syutingnya lebih matang," ungkapnya.

9. Harapan Pemain, Sutradara, dan Produser Dear David

Bagi penonton Dear David, Shenina berharap kisahnya dapat dinikmati dan relevan, juga semakin mencintai diri sendiri. " Mungkin ini salah satu media untuk mengajak kalian harus mencintai diri sendiri sebelum orang lain," tuturnya.

Tak beda dari Shenina, Emir juga berharap dari film ini para penonton semakin menerima diri sendiri seutuhnya. "Pesan terkuat yang aku dapat dari film ini tidak hanya it's okay not to be okay (tidak apa-apa merasa tidak baik-baik saja), tapi enough to be yourself, enough for you to be you (cukup menjadi diri sendiri)," ungkapnya. 

Sementara sang sutradara berharap film ini ditonton dengan pikiran terbuka. " Tidak mudah men-judge karakter-karakternya dengan kompleksitas mereka, dan rahasia mereka. Juga bisa berempati dan memahami mereka siapa dan apa yang membuat mereka human (manusia)," kata Lucky.

Sang produser Zaidy juga berharap film ini bisa memantik diskusi, selain dinikmati. "Semoga film ini diterima dengan baik. Dan tidak hanya dinikmati, juga bisa memantik diskusi. Semoga diobrolin sama temen-teman, keluarga, media sosial, semoga positif," tandasnya.

Film Dear David resmi tayang di Netflix pada Kamis, 9 Februari 2023. Agar tidak spoiler bagi yang belum menonton, Dear David relateable menurut Cantika. Kamu akan tersenyum-senyum sendiri kala Laras mengeksplorasi hasrat seksualnya, ikut bersedih kala persahabatannya dengan Dilla bermasalah, gemes ketika Laras tak menyadari rasa cintanya kepada David, dan sedikit tertampar kala melihat Laras terlalu keras pada dirinya sendiri. Selain ingat self-love, terapkan juga self-compassion, mengasihani diri sendiri seperti kamu mengasihani orang lain, Sahabat Cantika.

Pilihan Editor: Sinopsis Film Dear David, Cerita Cinta Remaja yang Dibintangi Shenina Cinnamon

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Halaman

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."