Manfaat Berbincang dengan Teman untuk Kesehatan Mental, Kata Penelitian

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi perempuan dan teman-temannya. Foto: Unsplash.com/Priscilla Du Preez

Ilustrasi perempuan dan teman-temannya. Foto: Unsplash.com/Priscilla Du Preez

IKLAN

Alasan Percakapan Berkualitas dengan Teman Bermanfaat bagi Kesejahteraan Sehari-hari

Jika Anda mendengarkan dengan cermat, menunjukkan kepada seseorang bahwa Anda benar-benar peduli, atau memuji seseorang, misalnya, Anda secara aktif berpartisipasi dalam percakapan. Memilih untuk terlibat dengan cara ini berarti mendekati percakapan dan pertemanan secara keseluruhan.

“Untuk terlibat dalam percakapan yang berkualitas dan menjadi mitra yang responsif, Anda harus hadir dalam percakapan dengan niat untuk melakukannya,” jelas Dr. Hall. Ketika Anda melakukan itu, Anda mendorong hal yang sama dari teman Anda, yang kemudian menjadi pendorong untuk percakapan yang meningkatkan kebahagiaan.

Pada dasarnya, ketika percakapan yang baik membuat Anda merasa terhubung, Anda akan merasa, hidup Anda bermakna, bahwa ada alasan untuk ada, bahwa ada orang yang peduli dan mencintai Anda, jelas Dr. Hall.

Pada saat yang sama, melakukan percakapan yang berkualitas juga terbukti meningkatkan kesejahteraan dalam penelitian dengan mengurangi stres, yang memperkuat penelitian sebelumnya tentang kemampuan dukungan sosial untuk meningkatkan ketahanan stres.

“Jika saya stres, dan saya terhubung dengan Anda dan Anda adalah teman saya, Anda responsif, Anda mendengarkan, Anda membantu saya memikirkan masalah saya, maka saya juga akan meninggalkan percakapan dengan perasaan didukung, lebih mampu memecahkan masalah atau menciptakan narasi yang penuh harapan di sekitar situasi yang penuh tekanan," jelasnya.

Semakin Anda terlibat dalam perilaku komunikasi yang berkualitas, semakin tidak sulit perilaku itu di waktu berikutnya, saran Dr. Hall. 

Pilihan Editor: 4 Alasan Menghabiskan Waktu bersama Teman Penting untuk Kesehatan Mental

WELL+GOOD

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Halaman

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."